Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Hand Hygiene pada Perawat Intensive Care Unit (ICU) di Beberapa Rumah Sakit Kota Bukittinggi Tahun 2022

Silvi, Amelia (2022) Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Hand Hygiene pada Perawat Intensive Care Unit (ICU) di Beberapa Rumah Sakit Kota Bukittinggi Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (40MB)
[img] Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (40MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)

Abstract

Pencegahan dan penanggulangan infeksi nosokomial paling efektif dilakukan dengan hand hygiene. Tujuan penelitian mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan hand hygiene perawat ruang ICU Rumah Sakit X, Y, dan Z Kota Bukittinggi. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Lokasi Penelitian di Rumah Sakit X, Y dan Z Kota Bukittinggi dari Desember sampai Mei tahun 2022. Populasi penelitian perawat ruang ICU Rumah Sakit X, Y, dan Z dengan jumlah sampel 43 (total sampling). Data dianalisis dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat (regresi linear berganda). Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat kepatuhan hand hygiene di ketiga rumah sakit 11,6%. Reward and punishment baik (58,1%), motivasi tinggi (51,2%), dan supervisi kepala ruang baik (67,4%). Reward and punishment dan supervisi kepala ruang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan hand hygiene. Motivasi perawat berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan hand hygiene. Variabel yang paling dominan adalah motivasi. Tingkat kepatuhan hand hygiene di ketiga rumah sakit masih rendah. reward and punishment dan supervisi kepala ruang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan hand hygiene, motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan hand hygiene. Faktor paling dominan adalah motivasi perawat. Disarankan rumah sakit melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin dan memberi apresiasi pada perawat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Adila Kasni Astiena, MARS
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:42
Last Modified: 04 Aug 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108135

Actions (login required)

View Item View Item