Analisis Potensi Terjadinya Clash pada Desain Bangunan Rumah Susun Prototype Menggunakan Software Berbasis Building Information Modeling (BIM)

Maysha, Nur Syafira (2022) Analisis Potensi Terjadinya Clash pada Desain Bangunan Rumah Susun Prototype Menggunakan Software Berbasis Building Information Modeling (BIM). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
3. Bab 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (40kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
5. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Perkembangan zaman menuntut manusia untuk beralih dari metode konvensional menuju digitalisasi. Semua hal yang biasanya dilakukan secara manual, kini perlahan digantikan oleh perangkat lunak. Hal ini juga terjadi pada sektor industri konstruksi. Pergantian ini memiliki tujuan tertentu, salah satunya efisiensi dalam segi mutu, biaya, dan waktu. Perkembangan perangkat lunak pada sektor konstruksi cakupannya cukup luas, mulai dari perencanaan, pemodelan, penjadwalan hingga pemeliharaan nantinya. Hal ini tergabung kedalam sebuah teknologi bernama BIM. BIM atau Building Information Modeling merupakan teknologi yang berisikan berbagai macam informasi. Selain itu, teknologi ini menciptakan kolaborasi antara pemangku kepentingan (stakeholders) proyek yang saling terintegrasi satu sama lain. Building Information Modeling (BIM) merupakan perkembangan yang terjadi pada indutri AEC (Architecture, Engineering, and Construction). Teknologi ini memiliki tujuan untuk membantu pemangku kepentingan proyek (stakeholders) memvisualisasikan apa yang akan dibangun dalam bentuk simulasi model 3D. Stakeholders dapat bekerja secara bersamaan untuk menghasilkan sebuah desain bangunan, di manapun dan kapanpun. Namun, kemungkinan terjadinya “tabrakan” antar desain akibat kurangnya koordinasi antar stakeholders tidak dapat dihindari, hal ini disebut clash. Penelitian ini dilakukan menggunakan software berbasis Building Information Modeling (BIM) yaitu Autodesk Revit 2022 dan Autodesk Navisworks 2021. Penelitian ini dilakukan pada gambar rencana prototype bangunan rumah susun yang selanjutnya dimodelkan menggunakan software Autodesk Revit 2022. Kemudian, hasil pemodelan diexport ke dalam software Autodesk Navisworks 2021 untuk dianalisis clashnya menggunakan clash detection tools. Hasil analisis tersebut, kemudian diproses untuk mencari solusi terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi clash yang terjadi. Solusi itu disebut dengan resolve clash. Kata kunci : building information modeling, clash detection, resolve clash

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufika Ophiyandri, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 Aug 2022 07:11
Last Modified: 11 Aug 2022 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108133

Actions (login required)

View Item View Item