Analisis Pengaruh Jenis Tanah terhadap Stabilitas Lereng dengan Menggunakan Metode Bishop dan Software Geo5

Rahadi, Herwanda (2022) Analisis Pengaruh Jenis Tanah terhadap Stabilitas Lereng dengan Menggunakan Metode Bishop dan Software Geo5. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak + Cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (529kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Tuntutan pembangunan diindonesia saat ini cukup besar. Pembangunan tersebut juga terjadi pada daerah lereng. Agar tidak mengalami kelongsoran maka sebuah lereng harus dijaga kestabilanya. Kestabilan sebuah lereng dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini faktor yang akan dibahas adalah jenis tanah. Setiap jenis tanah memiliki parameter berat jenis tanah, sudut geser dan nilai kohesi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis tanah terhadap stabilitas lereng. Penelitan ini dilakukan dengan menggunakan metoda bishop secara manual dan dengan bantuan program GEO 5. Dalam penelitian ini akan dilakukan Analisis Stabilitas Lereng untuk mencari faktor aman (Safety Factor) berdasarkan variasi jenis tanah dan sudut kemiringan lereng. Data masukan untuk analisis adalah data jenis tanah dari Kumpulan Korelasi Parameter Geoteknik dan Fondasi oleh Kementrian PUPR Direktorat Jendral Bina Marga Tahun 2019. Data masukan yang digunakan antara lain kohesi (c), sudut geser tanah (ϕ) ,berat volume tanah(γ). Geometri lereng pada penelitian ini adalah lereng tunggal dengan ketinggian(H) 10m dan variasi sudut lereng (β) 30 o ,45 o ,60 o . Jenis tanah mempengaruhi Sf karena memiliki Parameter utama kekuatan geser tanah yang berbeda-beda . Semakin Besar sudut lereng maka akan menghasilkan Safety Factor lereng yang semakin kecil karena semakin besarnya beban diatas lereng. Safety Factor dari Metode Manual dan menggunakan program aplikasi Geo 5 diperoleh selisih <1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 15 Aug 2022 09:34
Last Modified: 15 Aug 2022 09:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108085

Actions (login required)

View Item View Item