ANALISIS FRAUD HEXAGON DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN)

Atika, Gando Suri (2022) ANALISIS FRAUD HEXAGON DALAM MENDETEKSI POTENSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (BUMN). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Surat Pernyataan_Atika Gando Suri.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan_Atika Gando Suri.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh variabel-variabel dalam Fraud Hexagon Theory yang dapat mendeteksi kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan Fraud Score Model dengan studi kasus pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun 2016 – 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2020 yang di akses melalui website idx.co.id. Data sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 13 perusahaan BUMN. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kecurangan laporan keuangan. Variabel independen yang digunakan penelitian ini adalah stimulus, opportunity, capability, rationalization, ego dan collusion. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan alat uji SPSS Versi 26. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa stimulus berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan, sedangkan opportunity, capability, rationalization, ego dan collusion tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Kata Kunci : Stimulus, Opportunity, Capability, Rationalization, Ego, Collusion Fraud Score Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:22
Last Modified: 30 Jan 2023 05:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/108023

Actions (login required)

View Item View Item