Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Zat Besi dan Asam Folat Terhadap Lingkar Lengan Atas (LiLA) dan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil

Ikramah, Nauratul (2022) Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Zat Besi dan Asam Folat Terhadap Lingkar Lengan Atas (LiLA) dan Tekanan Darah Pada Ibu Hamil. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Kehamilan adalah masa dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin di hitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui analisis efektivitas biaya penggunaan suplemen ibu hamil terhadap lingkar lengan atas (LiLA) dan tekanan darah pada pasien ibu hamil yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas Syamtalira Bayu, Aceh pada tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan data sekunder yang pengambilan data dilakukan secara retrospektif. Analisis efektivitas biaya merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini dengan menghitung Rasio Inkremental Efektivitas Biaya (RIEB). Perspektif biaya yang digunakan adalah payer perspective (BPJS Kesehatan). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa beban biaya penggunaan asam folat dan zat besi pada peningkatan lingkar lengan atas (LiLA) lebih besar dibandingkan terhadap penurunan tekanan darah. Dari penelitian ini terlihat pemberian suplemen terhadap lingkar lengan atas (LiLA) biayanya lebih efektif dengan nilai RIEB Rp220.653 setiap peningkatan 1 cm LiLA, sedangkan nilai RIEB sebesar -Rp301.099 setiap penurunan 1 mmHg tekanan darah sistolik dan - Rp42.383 setiap penurunan 1 mmHg tekanan darah diastolik. Kata kunci : Asam folat, zat besi, rasio inkremental efektivitas biaya (RIEB), Lingkar Lengas Atas (LiLA), dan tekanan darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:46
Last Modified: 28 Jul 2022 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107944

Actions (login required)

View Item View Item