Penentuan Kandungan Logam Berat (Zn, Fe, Pb) Dalam Mi Instan Secara Spektrofotometri Serapan Atom Dan Nilai Risiko Kesehatan Manusia

., Serlina (2022) Penentuan Kandungan Logam Berat (Zn, Fe, Pb) Dalam Mi Instan Secara Spektrofotometri Serapan Atom Dan Nilai Risiko Kesehatan Manusia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak Serlina.pdf - Published Version

Download (911kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I Serlina.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V Serlina.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka Serlina.pdf - Published Version

Download (659kB)
[img] Text (FULLTEXT SKRIPSI)
5. Skripsi Full Text Serlina.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mi instan merupakan salah satu makanan yang populer di berbagai negara khususnya di Indonesia dan dikonsumsi oleh semua kalangan usia, terutama bagi remaja dan mahasiswa. Mi instan merupakan produk mi dalam kondisi kering dan berbentuk blok yang siap dimasak disertai bumbu atau minyak bumbu yang dikemas dalam kemasan terpisah. Bahan utama pembuatan mi instan adalah tepung terigu yang diolah menjadi mi dengan menggunakan peralatan logam. Adanya kontaminan logam berat dalam mi kemungkinan berasal dari bahan baku dan proses pengolahan mi tersebut. Pada penelitian ini sampel yang digunakan diambil dari dua lokasi penjualan di Kota Padang dengan lima merek yang berbeda. Kandungan logam Zn, Fe, dan Pb dalam sampel ditentukan menggunakan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Preparasi sampel dilakukan dengan metode destruksi basah menggunakan variasi tiga komposisi pelarut untuk menentukan pelarut yang tepat dalam mendestruksi sampel. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pelarut HNO3 p.a. 65% + H2O2 p.a. 30% pada sampel yang sama, diperoleh kadar logam Zn (100,4383 mg/kg), Fe (248,1685 mg/kg), Pb (ttd) dan hasil ini cukup baik untuk mendestruksi sampel mi instan dibandingkan kedua pelarut lainnya (HNO3 p.a. 65% + HCl p.a. 37% dan HNO3 p.a. 65% + HCl p.a. 37% + H2O2 p.a. 30%). Konsentrasi rata-rata logam berat dari lima jenis merek mi instan diperoleh Zn (81,4949 mg/kg), Fe (109,9849 mg/kg), Pb (1,6306 mg/kg). Penelitian ini juga menentukan nilai risiko kesehatan manusia, yaitu Estimated Daily Intake (EDI), Target Hazard Quotient (THQ), dan Hazard Index (HI). Nilai risiko kesehatan manusia didapatkan dari perhitungan yang telah dikembangkan oleh United States Environmental Protection Agency (USEPA). Nilai THQ rata-rata logam diperoleh Zn (1,2031), Fe (0,6958), Pb (1,8050). Sedangkan untuk nilai HI dari semua sampel diperoleh di atas 1. Standar nilai THQ dan HI yang tidak menimbulkan risiko kesehatan adalah di bawah 1. Nilai THQ dan HI yang lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa hal ini dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia jika dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:36
Last Modified: 28 Jul 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107915

Actions (login required)

View Item View Item