PENGARUH PEMBERIAN AKUPRESUR TERHADAP FATIGUE PADA ANAK LEUKEMIA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI INSTALASI RAWAT INAP KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG

Oktaghina, Jennisya (2022) PENGARUH PEMBERIAN AKUPRESUR TERHADAP FATIGUE PADA ANAK LEUKEMIA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI INSTALASI RAWAT INAP KEBIDANAN DAN ANAK RSUP DR.M.DJAMIL PADANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text (BAB I)
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB VII)
Text (BAB Penutup).pdf - Published Version

Download (292kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI OK_OKTAGHINA JENNISYA_2-digabungkan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fatigue merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dirasakan anak leukemia yang menjalani kemoterapi. Jika tidak ditangani dapat menghalangi aktivitas harian dan mengurangi kualitas hidup anak. Sementara itu belum banyak intervensi nonfarmakologi yang dilakukan perawat untuk mengurangi fatigue pada anak. Akupresur adalah salah bentuk terapi komplementer berupa sentuhan yang menggunakan tekanan ibu jari untuk merangsang titik pada bagian tubuh tertentu yang bisa mengurangi fatigue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian akupresur terhadap fatigue pada anak leukemia yang menjalani kemoterapi. Desain penelitian ini Quasi experimental dengan pendekatan pre and post test without control yang telah dilakukan pada 16 anak yang menjalani kemoterapi. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pemberian akupresur dilakukan dengan memberikan pemijatan pada titik Li4, Sp6 dan St36, dilakukan 2 kali dalam satu hari selama 5 hari. Pengumpulan data pada responden dengan menggunakan instrumen PedsQL Multidimensional Fatigue Scale. Analisa data menggunakan Uji Paired t test. Hasil penelitian didapatkan terdapat perbedaan skor fatigue sebelum diberikan intervensi yaitu dengan mean 33,25 dan sesudah diberikan intervensi yaitu 48,78, serta nilai cohen’s d 0,8 yang tergolong tinggi. Sehingga pemberian akupresur mempunyai pengaruh yang besar terhadap terhadap skor fatigue dan sangat efektif mengurangi fatigue pada anak leukemia yang menjalani kemoterapi (p<0,001). Perawat dapat menerapkan akupresur sebagai salah satu intervensi non-farmakolgis kepada apasien dan juga dapat diajarkan kepada keluarga untuk mengaplikasikan akupresur sebagai salah satu metode penatalaksanaan fatigue.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ns. Deswita, M.Kep, Sp.Kep.An
Uncontrolled Keywords: akupresur, anak, fatigue, kemoterapi, leukemia
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:52
Last Modified: 27 Jul 2022 08:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107888

Actions (login required)

View Item View Item