Analisis Molekuler Docking Senyawa Mangostin terhadap Sars Cov-2 Spike Glycoprotein dari Kulit Manggis Lokal sebagai Potensial Obat Covid 19

yeni, Lisa Atri (2022) Analisis Molekuler Docking Senyawa Mangostin terhadap Sars Cov-2 Spike Glycoprotein dari Kulit Manggis Lokal sebagai Potensial Obat Covid 19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
Bab I. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab V. Penutup)
Bab V. Penutup.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan suatu penyakit yang dilaporkan muncul pertama kali di daerah Wuhan, China pada sekitar akhir tahun 2019 dan saat ini telah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia. Protein S (spike glycoprotein) merupakan salah satu protein antigen utama virus, protein S ini berperan dalam penempelan dan masuknya virus ke dalam sel host (interaksi protein S dengan reseptornya di sel inang). Senyawa mangostin yang terdapat di dalam kulit manggis (Garcinia mangostana L) memiliki afinitas tinggi sehingga dapat menghambat protein S dari SARS-CoV2 (severe acute respiratory syndrom coronavirus 2) dan kulit manggis juga memiliki kandungan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dijadikan sebagai pencegahan Covid 19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu ekstraksi dan rekristalisasi kulit manggis muda dan tua yang dikarakterisasi dengan FTIR (fourier transform infra red) dan HPLC (high perfomance liquid chromatography), pengukuran aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil, dan penggunaan metode molekuler docking. Isolat kulit buah manggis muda dan tua memiliki kandungan alfa mangostin yang dilihat dari hasil KLT (kromatografi lapisan tipis), eludasi struktur FTIR, dan HPLC. Isolat kulit buah manggis muda dan tua memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 (inhibition concentration) kulit buah manggis muda 33,05 mg/L dan IC50 kulit buah manggis tua 40,08 mg/L. Pada molekuler docking Interaksi terbaik protein S Covid 19 dengan ligan yaitu alfa mangostin yang menunjukkan nilai energi ikatan -5,25 kkal/mol dengan konstanta inhibisi 142,84 ųM, disamping itu alfa mangostin juga memiliki profil farmakokinetik dan toksisitas yang baik dan alfa mangostin memenuhi syarat aturan lima lipinski, sehingga alfa mangostin dapat dijadikan salah satu kandidat potensial obat covid 19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Armaini, MS
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 27 Jul 2022 09:21
Last Modified: 27 Jul 2022 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107874

Actions (login required)

View Item View Item