STRATEGI PUBLIC RELATION GRAND INNA MUARA PASCA GEMPA 2009 (STUDI DESKRIPTIF PROSES REBRANDING HOTEL INNA MUARA MENJADI GRAND INNA MUARA DI KOTA PADANG)

NURKHALILA, FAJRINI (2014) STRATEGI PUBLIC RELATION GRAND INNA MUARA PASCA GEMPA 2009 (STUDI DESKRIPTIF PROSES REBRANDING HOTEL INNA MUARA MENJADI GRAND INNA MUARA DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410291044th_skripsi nurkhalila fajrini 1010862010 ilmu komunikasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan sektor pariwisata Kota Padang pasca gempa 2009 dilakukan dalam meningkatkan perekonomian. Sektor pariwisata yang menjadi fokus penelitian ini adalah bisnis perhotelan. Grand Inna Muara adalah salah satu hotel yang melakukan rebranding sebagai bentuk perbaikan pasca gempa 2009. Bentuk rebranding yang dilakukan Grand Inna Muara meliputi fisik dan non-fisik. Proses rebranding ini tidak terlepas dari strategi public relation (PR) Grand Inna Muara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh public relation (PR) Grand Inna Muara pasca gempa 2009 dalam proses rebranding dari Hotel Inna Muara menjadi Grand Inna Muara serta dampak awal dari strategi PR tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Model Proses Rebranding Muzellec & Lambkin dapat menjelaskan tahapantahapan dari proses rebranding yang dilakukan Grand Inna Muara, yakni faktor rebranding, tujuan rebranding, dan proses rebranding. Sebagai dampak awal yang didapat dari proses rebranding dengan strategi PR adalah brand awareness publik. Brand awareness sangat penting dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa suatu perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses rebranding yang dilakukan melalui strategi PR dengan beberapa cara, yakni bauran PR dan melalui saluran komunikasi MPR dan CPR. Strategi PR tersebut lebih banyak dilakukan dalam hal promosi dan publikasi dengan memberikan infomasi rebranding dalam bentuk building image yang berdampak pada brand awareness publik. Berdasarkan temuan di lapangan, publik sudah aware akan perubahan nama dan logo hotel baik sebelum gempa maupun pasca gempa. Namun, publik belum bisa mengucapkan dengan benar, sehingga tingkatan brand awareness publik berada pada tingkat awal, yakni brand recognition dan brand recall. Kata kunci : Grand Inna Muara, Rebranding, Strategi PR, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 14 Jun 2016 08:29
Last Modified: 14 Jun 2016 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10772

Actions (login required)

View Item View Item