Preparasi dan Karakterisasi Nanokomposit Linear Low-Density Polyethylene/ Karet Alam Siklis / Organo-Precipitated Calsium Carbonate Menggunakan Kompatibiliser Linear Low-Density Polyethylene Grafting Asam Oleat

Ritonga, Ahmad Hafizullah (2022) Preparasi dan Karakterisasi Nanokomposit Linear Low-Density Polyethylene/ Karet Alam Siklis / Organo-Precipitated Calsium Carbonate Menggunakan Kompatibiliser Linear Low-Density Polyethylene Grafting Asam Oleat. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB 5 Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (disertasi fulltext)
1930412001 - Disertasi Fullteks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Karet alam siklis (KAS) memiliki kompatibilitas yang buruk dengan linear low-density polyethylene (LLDPE), sehingga diperlukan penambahan kompatibiliser linear low-density polyethylene grafting asam oleat (LLDPE-g-AO) yang dapat meningkatkan interaksi dan mengurangi tegangan antar muka kedua fasa polimer, dimana gugus fungsi monomer asam oleat (AO) yang polar kompatibel dengan gugus hidrofilik pada permukaan KAS dari ikatan rangkapnya, sedangkan bagian polimer tetap kompatibel dengan LLDPE dari gugus C-H, sehingga kompatibilitas antara LLDPE dan KAS menjadi lebih baik. Bahan pengisi nanopartikel organo-precipitated calsium carbonate (O-PCC) juga berperan sebagai ko-kompatibiliser dalam campuran polimer untuk meningkatkan sifat mekanik dan kompatibilitas karena pengisi O-PCC tersebut dapat terdispersi secara merata pada permukaan campuran polimer yang bersifat nonpolar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa nanokomposit LLDPE/KAS/LLDPE-g-AO/O-PCC (LCCO) yang memiliki sifat mekanik dan kompatibilitas lebih baik setelah penambahan kompatibiliser LLDPE-g-AO dan bahan pengisi O-PCC. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) Sintesis nanopartikel precipitated calsium carbonate (PCC) dari batu kapur melalui proses karbonasi; (2) Modifikasi organik nanopartikel PCC dengan AO membentuk O-PCC melalui pencampuran dalam sistem pelarut; (3) Preparasi kopolimer LLDPE-g-AO dengan monomer AO dan inisiator benzoil peroksida (BPO) melalui metode grafting pada fasa lelehnya menggunakan internal mixer; dan (4) Pembuatan campuran LLDPE/KAS/LLDPE-g-AO (LCC) dan nanokomposit LLDPE/KAS/LLDPE-g-AO/O-PCC (LCCO) melalui metode pencampuran pada fasa lelehnya menggunakan internal mixer. Nanokomposit LLDPE/KAS/LLDPE-g-AO/O-PCC (LCCO) telah berhasil dibuat dengan mencampurkan beberapa material yaitu LLDPE, KAS, LLDPE-g-AO, dan O-PCC dengan komposisi 65:25:5:5 (dalam persen berat). Penambahan kompatibilser LLDPE-g-AO dan bahan pengisi O-PCC telah menghasilkan peningkatan pada sifat mekanik kuat tarik (17.171 MPa), modulus Young’s (252.683 MPa), dan harga impak (94812.9 J/m2). Nanokomposit LCCO tersebut menghasilkan stabilitas termal yang lebih baik, namun pada temperatur titik leleh tidak mengalami perubahan signifikan. Spektrum FTIR menunjukkan adanya O-PCC dalam nanokomposit LCCO tersebut ditandai oleh adanya pita serapan pada 872.1 cm-1 yang mengindikasikan karakteristik kristal kalsit dan pada 1701.1 cm-1 yang mengindikasikan adanya gugus karbonil dari LLDPE-g-AO. Hasil morfologi nanokomposit LCCO telah memperlihatkan struktur permukaan yang lebih halus dan homogen dibandingkan dengan bahan pengisi PCC yang tidak dimodifikasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: LLDPE; KAS; LLDPE-g-AO; O-PCC; Nanokomposit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Ilmu Kimia
Date Deposited: 25 Jul 2022 09:10
Last Modified: 25 Jul 2022 09:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107694

Actions (login required)

View Item View Item