Komunikasi Pendidikan Dalam Menggaungkan Julukan Kota Serambi Mekkah Melalui Program Smart Surau di Kota Padang Panjang (Studi Deskriptif pada Masjid Asasi di Kota Padang Panjang)

Annisa, Rahma (2022) Komunikasi Pendidikan Dalam Menggaungkan Julukan Kota Serambi Mekkah Melalui Program Smart Surau di Kota Padang Panjang (Studi Deskriptif pada Masjid Asasi di Kota Padang Panjang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (629kB)
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL ANNISA RAHMA upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Smart surau merupakan salah satu program Pemerintah Kota Padang Panjang dalam mewujudkan Kota Padang Panjang sebagai kota cerdas (smart city) dalam bidang pendidikan berbasis agama Islam dalam rangka mengajak remaja untuk kembali ke surau. Smart surau bertujuan untuk mengembalikan eksistensi surau sebagai lembaga pendidikan tradisional yang berkolaborasi dengan teknologi internet menggunakan komunikasi pendidikan untuk mengarahkan perilaku remaja yang rentan terhadap permasalahan sosial dalam perluasan kasus LGBT. Komunikasi pendidikan merupakan komunikasi yang terjadi antara pelajar dan pengajar untuk mencapai kesepahaman dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hambatan komunikasi pendidikan dalam program smart surau untuk mengajak remaja kembali lebih dekat ke surau dengan menggunakan teori Difusi Inovasi oleh Everett M Rogers. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Subjek dari penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai dan mengobservasi Kesra Kota Padang Panjang, pelaksana program smart surau di masjid Asasi serta masyarakat yang mengetahui dan ikut serta dalam program smart surau ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran program smart surau memanfaatkan media sosial melalui Ruang Guru sebagai alat yang digunakan dalam memberikan materi pembelajaran kepada pelajar yang diarahkan oleh Instruktur sebagai komunikatornya. Selain itu smart surau juga melakukan kegiatan magrib mengaji yang merupakan komunikasi spiritual dalam smart surau. Hambatan yang terjadi selama kegiatan yaitu jaringan provider internet yang tidak stabil sehingga kesulitan dalam pelaksanaan program pembelajaran. Hambatan lainnya juga terjadi pada hambatan sosiologis, psikologis dan ekologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Smart Surau, Komunikasi Pendidikan, Kota Padang Panjang
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:27
Last Modified: 21 Jul 2022 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107564

Actions (login required)

View Item View Item