PENILAIAN INDEKS KERENTANAN INFRASTRUKTUR AIR MINUM KOTA PADANG TERHADAP POTENSI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (STUDI KASUS : SPAM GUNUNG PANGILUN PERUMDA AIR MINUM KOTA PADANG)

ANDREAN, SYAILENDRA (2022) PENILAIAN INDEKS KERENTANAN INFRASTRUKTUR AIR MINUM KOTA PADANG TERHADAP POTENSI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI (STUDI KASUS : SPAM GUNUNG PANGILUN PERUMDA AIR MINUM KOTA PADANG). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (108MB) | Request a copy
Official URL: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan angka indeks dan tingkat kerentanan sekaligus rekomendasi terhadap infrastruktur SPAM Gunung Pangilun Perumda Air Minum Kota Padang akibat potensi bencana gempa bumi dan tsunami. SPAM Gunung Pangilun melayani area dataran rendah dekat pesisir pantai sekaligus area lokasi institusi dan perkantoran penting tingkat provinsi Sumatera Barat dan kota Padang. Penilaian indeks kerentanan infrastruktur SPAM Gunung Pangilun meliputi Infrastruktur Sumber (Intake), Jaringan Pipa Transmisi, IPA dan Reservoir serta Jaringan Pipa Distribusi Utama. Penilaian indeks kerentanan dilakukan dengan cara melakukan pembobotan dan skoring terhadap faktor-faktor kerentanan pada komponen SPAM Gunung Pangilun akibat potensi bencana gempa bumi dan tsunami. Tingkat kerentanan dari infrastruktur air minum diklasifikasikan menjadi rendah, menengah dan tinggi. Hasil dari indeks kerentanan yang telah didapatkan disajikan ke dalam peta tingkat kerentanan infrastruktur air minum SPAM Gunung Pangilun setelah dilakukan perhitungan total nilai vulnerability index (VI) dari masing-masing parameter kerentanan. Hasil penilaian indeks didapatkan tingkat kerentanan masing-masing komponen infrastruktur SPAM terhadap gempa bumi dan tsunami secara berturut-turut Intake “menengah” dan “rendah”, Jaringan Pipa Transmisi “rendah” dan “rendah”, IPA dan Reservoir “tinggi” dan “rendah” serta Jaringan Pipa Distribusi untuk gempa bumi 68,82% nya “menengah” dan tsunami 83,24% nya “tinggi”. Rekomendasi yang diberikan terhadap infrastruktur SPAM Gunung Pangilun secara teknis yaitu dengan mengaplikasikan teknik rekayasa pada infrastruktur SPAM yang tahan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami, serta secara non teknis/administratif seperti memberikan pelatihan pada pihak terkait dan membentuk sebuah divisi yang khusus menangani perawatan infrastruktur SPAM. Kata Kunci: Infrastruktur SPAM Gunung Pangilun, Gempa Bumi dan Tsunami, Indeks Kerentanan, Tingkat Kerentanan, Rekomendasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:25
Last Modified: 22 Jul 2022 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107559

Actions (login required)

View Item View Item