Pengaruh Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftarndi Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

Wisran, Hadi (2022) Pengaruh Kualitas Audit terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftarndi Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur. Indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas audit adalah ukuran KAP, spesialisasi industri dan inndependensi auditor. Besar manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan melihat nilai discretionary accruals-nya. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 86 perusahaan yang terdaftar di BEI selama tahun 2014 -2018. Penelitian ini menggunakan alat analisis berupa uji analisis regresi linear berganda dengan SPSS. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia selama periode tahun pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba adalah variabel ukuran KAP. Berdasarkan hasil penelitian bahwa variabel ukuran KAP berpengaruh negetif terhadap manajemen laba. Perusahaan yang diaudit oleh KAP Big Four dapat mendeteksi kegiatan manajemen laba dibanding dengan perusahaan yang diaudit oleh KAP Non-Big Four yang lebih rentan untuk tidak terdeteksi. Sedangkan variabel auditor spesialis industri dan variabel independensi auditor tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba yang dilakukan perusahaan manufaktur. Kata kunci: Manajemen Laba, Kualitas Audit, Auditor Spesialis Industri, Independensi Auditor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:15
Last Modified: 21 Jul 2022 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107502

Actions (login required)

View Item View Item