FORMULASI SERUM ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL DAUN STEVIA (Stevia rebaudiana bert.M) DENGAN PENAMBAHAN GELLING AGENT HYDROXY ETHYL CELLULOSE

Aquila, Arya Thifa (2022) FORMULASI SERUM ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL DAUN STEVIA (Stevia rebaudiana bert.M) DENGAN PENAMBAHAN GELLING AGENT HYDROXY ETHYL CELLULOSE. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan Abstrak)
Abstrak..pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 pendahuluan.-.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 penutup.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka..pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Tanaman stevia (Stevia rebaudiana bert.M) memiliki kandungan senyawa fenolik dimana bermanfaat sebagai antioksidan. Tujuan dari penilitian ini mengetahui efektivitas antioksidan dan stabilitas dari formula serum ekstrak etanol daun stevia (Stevia rebaudiana bert.M) dengan penambahan gelling agent hydroxy ethyl cellulose (HEC). Daun stevia yang berasal dari daerah Alahan Panjang diekstrak dengan etanol dan dilakukan uji parameter non spesifik dan spesifik, penentuan kadar fenolik pada daun stevia memiliki nilai 30,45±0,25 mg/g. Formula serum menggunakan basis HEC 0,7% yang diperoleh dari pengujian basis. Formulasi menggunakan 3 konsentrasi ekstrak etanol daun stevia dan dilakukan pengujian organoleptis, pH, viskositas, uji iritasi kulit dan stabilitas. Pada penyimpanan selama 28 hari tidak terjadi perubahan cukup besar pada kestabilan organoleptis dan pH pada formula serum ekstrak etanol daun stevia. Hasil uji antioksidan dengan metode DPPH menunjukan semua formulasi memiliki nilai IC50<50 dimana dalam termasuk kategori yang sangat kuat. Nilai Formula 1,2 dan 3 berturut-turut dengan nilai 38,115, 32,475 dan 31.744 µg/ml dan hasil pembanding IC50 dari asam askorbat adalah 15,199 µg/ml.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Rahmi Nofita R, M.Si
Uncontrolled Keywords: daun stevia, serum, antioksidan, gelling agent, ekstrak etanol
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:37
Last Modified: 20 Jul 2022 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107488

Actions (login required)

View Item View Item