UPAYA MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM (Kajian Tentang Aplikasi Konsep Cyber Public Relations oleh Zibank.Co dan urfav.supply)

Ramadhania, Zikry Syafa (2022) UPAYA MEMBANGUN CUSTOMER ENGAGEMENT MELALUI INSTAGRAM (Kajian Tentang Aplikasi Konsep Cyber Public Relations oleh Zibank.Co dan urfav.supply). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan internet khususnya media sosial sejak masa pandemi COVID-19 berlangsung sampai saat ini mengalami peningkatan mulai dari seluruh dunia hingga ke Indonesia. Hal tersebut menciptakan cara berbelanja baru dengan memanfaatkan media sosial sebagai media publikasi dan komunikasi bagi konsumen serta pegiat usaha yang dinamakan e-commerce. Media sosial Instagram menjadi salah satu media sosial yang digunakan sebagai alat komunikasi dan promosi oleh berbagai online shop di Indonesia. Pemanfaatan Instagram dalam membangun customer engagement bisa dioptimalkan dengan menerapkan strategi yang dibuat dengan dasar konsep Cyber PR yang sesuai kebutuhan online shop dan konsumennya. Berangkat dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini menjelaskan strategi yang digunakan Zibank.Co dan urfav.supply dalam menerapkan konsep cyber public relations dan tahapan yang dicapai oleh kedua online shop dalam upaya membangun customer engagement. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara mendalam bersama narasumber dari masing-masing online shop. Serta sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber-sumber yang mendukung penelitian seperti kajian pustaka yang sesuai, beberapa penelitian sebelumnya yang relevan, dan unggahan yang telah diunggah dalam media sosial Instagram Zibank.Co dan urfav.supply. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, ditemukan beberapa fenomena dari penerapan konsep cyber public relations dengan media sosial Instagram oleh Zibank.Co dan urfav.supply. Kedua online shop sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang memenuhi karakteristik dari cyber public relations dengan memanfaatkan media sosial Instagram, yaitu branding, promosi, dan komunikasi dengan konsumen. Rangkaian kegiatan tersebut membantu Zibank.Co dan urfav.supply dalam upaya membangun customer engagement. Namun disayangkan, kedua online shop hanya mampu mencapai tahapan kedua dari customer engagement, yaitu curation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:21
Last Modified: 26 Jul 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107481

Actions (login required)

View Item View Item