Uji Efek Fraksi N-Heksan Daun Sungkai Terhadap Aktivitas Dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag Serta Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan Yang Terpapar Antigen Sars-Cov-2

Ardinanda, Salsadina Melza (2022) Uji Efek Fraksi N-Heksan Daun Sungkai Terhadap Aktivitas Dan Kapasitas Fagositosis Sel Makrofag Serta Persentase Sel Leukosit Mencit Putih Jantan Yang Terpapar Antigen Sars-Cov-2. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Salsadina Melza.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Salsadina.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Full text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy

Abstract

Daun sungkai (Peronema canescens Jack.) telah digunakan secara tradisional oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek imunomostimulan dari fraksi N-heksan daun sungkai untuk mengukur aktivitas sel-sel fagosit dalam membunuh organisme patogen yang masuk ke dalam tubuh, mengitung total sel leukosit dan persen jenis sel leukosit. Dalam penelitian ini digunakan 18 ekor mencit putih jantan dan diberikan fraksi n-heksan daun sungkai dalam dosis 1 mg/kgbb; 10 mg/kgbb; 100 mg/kgbb, Na CMC 0,5% sebagai kontrol negatif, vaksin moderna dan Na CMC sebagai kontrol positif serta stimuno 50 mg/kgbb sebagai pembanding. mencit diberi vaksin sebagai antigen pada hari ke nol. Lalu diberi sediaan secara oral selama empat belas hari berturut turut. Pada hari ke limabelas ditentukan aktivitas & kapasitas fagositosis sel makrofag, total sel leukosit dan persentase jenis sel leukosit. Hasil penelitian menunjukkan fraksi n-heksan daun sungkai bersifat imunostimulan dengan aktivitas fagositosis pada kelompok dosis 1 mg/kgbb adalah 61%; kelompok dosis 10 mg/kgbb adalah 69,67%; kelompok dosis 100 mg/kgbb adalah 79,67%. Sedangkan kapasitas fagositosis pada kelompok dosis 1 mg/kgbb adalah 139,33; kelompok dosis 10 mg/kgbb adalah 158,33; kelompok dosis 100 mg/kgbb adalah 197. Dari 3 kelompok yang diberikan fraksi N-heksan daun sungkai dosis 100 mg/kgbb yang paling optimal dibandingkan dengan dosis yang lain. Berdasarkan uji ANOVA satu arah dan dilanjutkan dengan uji Duncan terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) terhadap total sel leukosit dan persentase jenis sel leukosit (neutrofil segmen, neutrofil batang, limfosit, monosit dan eusinofil). Berdasarkan parameter uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan fraksi n-heksan daun sungkai (Peronema canescens Jack.) memiliki aktivitas imunostimulan terhadap mencit putih jantan (Mus musculus L.).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Yufri Aldi, M.Si
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:56
Last Modified: 20 Jul 2022 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107469

Actions (login required)

View Item View Item