EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KAKAO (Theobroma Cacao L.) DI NAGARI TEBING TINGGI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Noli, Anjalka Indra (2022) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN KAKAO (Theobroma Cacao L.) DI NAGARI TEBING TINGGI KECAMATAN PULAU PUNJUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Absrak)
Cover dan Abrak.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESEMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nagari Tebing Tinggi merupakan salah satu daerah perkebunan di Kabupaten Dharmasraya dengan luas Nagari 65.600 ha. Evaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman perkebunan di tempat ini perlu dilaksanakan mengingat daerah ini memiliki lahan yang luas dan berpotensi untuk pengembangan tanaman perkebunan seperti kakao. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan dan potensi lahan untuk perkebunan kopi robusta dan membuat peta kesesuaian lahan aktual dan potensial untuk tanaman kopi robusta berdasarkan satuan penggunaan lahan. Analisis sifat fisika tanah yaitu tekstur tanah dan analisis sifat kimia tanah terdiri dari pH, C-organik, Kapasitas Tukar Kation (KTK) dan Kejenuhan Basa (KB). Selanjutnya pada faktor pembatas berupa retensi hara maka diberi perbaikan dengan pengapuran dan penambahan bahan organik. Setelah diberi perbaikan maka Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kelas kesesuaian lahan potensial tanaman kakao (Theobroma cacao L.) di Nagari Tebing Tinggi Kecamatan Pulau Punjung adalah SL1, SL2 dan SL5 S1 (Sangat sesuai), SL3 S2wa,nr,eh (cukup sesuai, faktor pembatas ketersediaan air, retensi hara,bahaya erosi), SL4 N (Tidak sesuai, faktor pembatas bahaya erosi).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir., Lusi Maira, MAgrSc
Uncontrolled Keywords: Evaluasi kesesuaian lahan, lahan potensial, kakao, sifat kimia tanah, satuan lahan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 14 Jul 2022 09:10
Last Modified: 14 Jul 2022 09:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107317

Actions (login required)

View Item View Item