HUBUNGAN EKSPRESI PROGRAMMED DEATH LIGAND 1 (PD-L1) DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN DENSITAS TUMOR INFILTRATING LYMPHOCYTE (TIL) DI STROMA PADA KARSINOMA OVARIUM SEROSUM

valencia, valencia (2022) HUBUNGAN EKSPRESI PROGRAMMED DEATH LIGAND 1 (PD-L1) DENGAN DERAJAT DIFERENSIASI DAN DENSITAS TUMOR INFILTRATING LYMPHOCYTE (TIL) DI STROMA PADA KARSINOMA OVARIUM SEROSUM. Masters thesis, unand.

[img] Text (cover+ abstrak)
cover_compressed.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1_compress2.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (penutup)
BAB 7 penutup.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (72kB)
[img] Text
BAHAN WATERMARK - Copy.pdf

Download (1MB)
[img] Text (tesis full text)
BAHAN WATERMARK - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Karsinoma ovarium serosum merupakan keganasan ginekologi yang mematikan dimana lebih dari 70% pasien datang pada stadium lanjut. Mortalitas yang tinggi pada karsinoma ovarium disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah penyakit sering ditemukan pada usia tua, pasien datang pada stadium lanjut dan dengan diferensiasi high grade, keterbatasan akses untuk terapi yang adekuat, adanya komorbid, termasuk kemungkinan adanya variasi genetik. Faktor-faktor tersebut juga memengaruhi imunitas pasien terhadap tumor. Pada kasus keganasan, tumor dapat lolos dari pengenalan sel imun dan secara aktif menekan aktivitas antitumor yang dimediasi sel-T sehingga mendorong pertumbuhan tumor dan metastasis melalui modulasi immune checkpoint termasuk programmed death ligand-1 (PD-L1). Programmed death ligand-1 diekspresikan oleh sel tumor dan memiliki peran penting dalam menghindari sistem imun. Oleh karena itu ekspresi PD-L1 perlu dihubungkan dengan derajat diferensiasi dan densitas TIL di stroma karena dapat dipertimbangkan memiliki nilai prognostik. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional study. Sampel penelitian sebanyak 45 kasus karsinoma ovarium serosum yang diambil dari 3 Laboratorium Patologi Anatomi di kota Padang tahun 2019-2020. Sampel diperoleh dari blok parafin yang berasal dari tindakan operasi ooforektomi/HTSOB kemudian dilakukan reevaluasi terhadap derajat diferensiasi dan densitas TIL di stroma. Ekspresi PD-L1 pada sel tumor dan TIL dilihat dengan pewarnaan imunohistokimia. Analisis statistik bivariat menggunakan uji Fisher's Exact dengan p<0,05 dianggap bermakna. Ekspresi PD-L1 intra tumoral, TIL stroma dan intra epitelial yang tinggi lebih banyak pada derajat diferensiasi high grade dibanding low grade yaitu berturut-turut sebanyak 95,7%, 89,7% dan 90%. Secara statistik terdapat hubungan yang bermakna antara ekspresi PD-L1 intratumoral dengan derajat diferensiasi pada karsinoma ovarium serosum dengan nilai p= 0,022. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ekspresi PD-L1 intratumoral mempunyai hubungan yang bermakna dengan derajat diferensiasi pada karsinoma ovarium serosum.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aswiyanti Asri, Msi.Med, Sp.PA (K)
Uncontrolled Keywords: Karsinoma ovarium serosum, ekspresi PD-L1, derajat diferensiasi, densitas TIL.
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:19
Last Modified: 13 Jul 2022 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107301

Actions (login required)

View Item View Item