HUBUNGAN SUBTIPE MOLEKULER DENGAN DENSITAS TUMOR INFILTRATING LYMPHOCYTES STROMA PADA KARSINOMA LOBULAR INVASIF PAYUDARA

hasnaini, hasnaini (2022) HUBUNGAN SUBTIPE MOLEKULER DENGAN DENSITAS TUMOR INFILTRATING LYMPHOCYTES STROMA PADA KARSINOMA LOBULAR INVASIF PAYUDARA. Masters thesis, unand.

[img] Text (cover +abstrak)
cover dan abstrak_opt.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I_opt.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (penutup)
BAB VII_opt.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_opt.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (tesis full text)
TESIS LENGKAP WATERMARK_opt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Karsinoma lobular invasif payudara merupakan karsinoma invasif payudara terbanyak ke dua dengan insiden mencapai hingga 15% dari seluruh karsinoma invasif payudara. Tumor Infiltrating Lymphocytes (TIL) adalah suatu respon imun tubuh dalam melawan pertumbuhan dan perkembangan tumor. Penilaian TIL stroma adalah suatu faktor prognostik karsinoma invasif payudara dan dihubungkan dengan luaran yang baik pada subtipe tripel negatif dan HER-2. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel karsinoma lobular invasif dari 3 laboratorium Patologi Anatomik di Padang sebanyak 30 kasus. Densitas TIL dinilai berdasarkan rekomendasi The International TILs Working Group, kemudian dikelompokkan rendah, intermediet, dan tinggi. Dilakukan pulasan imunohistokimia ER, PR, HER-2 dan Ki67 untuk menentukan subtipe molekuler yaitu luminal A, luminal B, HER-2 positif dan tripel negatif. Analisis bivariat menggunakan uji Chi Square dengan nilai p<0,05 dianggap bermakna. Sebagian besar karsinoma lobular invasif dengan densitas TIL rendah (70%), dengan subtipe molekuler terbanyak adalah luminal A. Analisis bivariat menunjukan densitas TIL rendah banyak pada luminal A, dan densitas TIL intermediet banyak pada luminal B. Analisis statistik menunjukkan hubungan yang bermakna antara subtipe molekuler dengan densitas TIL dengan nilai p=0,004. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan bermakna antara subtipe molekuler dengan densitas TIL pada karsinoma lobular invasif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Aswiyanti Asri, Msi.Med, Sp.PA (K)
Uncontrolled Keywords: kanker payudara, lobular, karsinoma lobular invasif, TIL, subtipe molekuler
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:42
Last Modified: 13 Jul 2022 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107300

Actions (login required)

View Item View Item