SIMULASI ALIRAN MELEWATI RUMAH ADAT MINANGKABAU DENGAN VARIASI SUDUT ARAH ANGIN DENGAN MENGGUNAKAN CFD

Abdul, Haris (2022) SIMULASI ALIRAN MELEWATI RUMAH ADAT MINANGKABAU DENGAN VARIASI SUDUT ARAH ANGIN DENGAN MENGGUNAKAN CFD. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak 1710911024 ABDUL HARIS .pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN 1710911024 ABDUL HARIS .pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP 1710911024 ABDUL HARIS .pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA 1710911024 ABDUL HARIS .pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext 1710911024 ABDUL HARIS .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya dari segi rumah adat yang ada pada setiap wilayah, salah satu wilayah yang memiliki keunikan dari segi atap rumah adatnya adalah rumah adat Minangkabau yang terletak di Sumatra Barat. Atap rumah adat Minangkabau sangat unik karena berbentuk tanduk kerbau yang runcing dibagian puncak atapnya. Keunikan atap ini menjadikan bangunan yang belum aerodinamis disebabkan nilai force drag yang dihasilkan cukup besar, akibatnya mengalami kerusakan pada bagian sudut puncak atap ketika diterjang oleh angin putting beliung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai force drag yang diperoleh sehingga dapat dibandingkan dengan nilai coefficient drag tiap variasi atap rumah adat minangkabau. Sehingga diketahui hasil simulasi manakah variasi sudut yang terbaik dari atap rumah adat Minangkabau yang lebih aerodinamis. Hasil yang diperoleh ini sebagai landasan dalam mendesain sudut atap rumah Minangkabau mana yang terbaik dan memiliki aerodinamis. Simulasi yang dilakukan ini dengan menggunakan software ansys R.21 dengan memvariasikan nilai kecepatan angin dan arah datangnya angin sehingga didapatkan nilai force drag. Simulasi yang dilakukan melalui beberapa tahapan seperti : Pre-processing, Processing, Post-Processing. Hasil simulasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa variasi sudut atap rumah Minangkabau sudut 600 yang memiliki nilai aerodinamis yang bagus dimana nilai force drag sebesar 3.07 N coefficient drag sebesar 1.16 pada kecepatan angin 13 m/s dibandingan dengan variasi sudut lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ing Uyung Gatot Syafrawi Dinata
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Force Drag, Coefficient Drag, Software Ansys R.21, Pre-processing, Processing, Post-Processing.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:30
Last Modified: 12 Jul 2022 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107268

Actions (login required)

View Item View Item