PERBAIKAN TANAH PADA PONDASI SPIRAL SILO PACKING PLANT BENGKULU MENGGUNAKAN METODA PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) DAN PRE LOADING

Nurita, Handayani (2021) PERBAIKAN TANAH PADA PONDASI SPIRAL SILO PACKING PLANT BENGKULU MENGGUNAKAN METODA PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) DAN PRE LOADING. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Nurita Handayani.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Nurita Handayani.pdf - Published Version

Download (854kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Nurita Handayani.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Nurita Handayani.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Nurita Handayani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Pembangunan Packing Plant Bengkulu bertujuan untuk meningkatkan market share PT Semen Padang di Bengkulu yang pada tahun 2014 sebesar 71.49 dan mengalami penurunan menjadi 61.5% pada tahun 2015. Penurunan tersebut diakibatkan oleh adanya pesaing yang muncul dengan harga semen lebih murah. Dengan pembangunan packing plant di Bengkulu diharapkan dapat meningkatkan efisiensi biaya dan meningkatkan brand image Semen Padang dengan keberadaan fasilitas produksi di lokasi pasar. Fasilitas packing plant yang dibangun terdiri atas dermaga untuk sandar, unloading facility, steel silo semen kapasitas 2 x 3.000 ton, 1 unit elektronik packer, 2 unit loading truck, bulk loading, serta fasilitas penunjang lainnya. Lokasi pembangunan yang berada di tepi pantai dengan kondisi tanah yang lunak cenderung lempung berpasir berpotensi menyebabkan beberapa permasalahan terhadap struktur pasca konstruksi diantaranya adalah penurunan tanah dalam jangka panjang dan potensi likuifaksi jika terjadi gempa. Untuk mencegah pengaruh jangka panjang tersebut maka dilakukan perbaikan tanah sekitar lokasi pembangunan. Dari beberapa metoda yang ada dipilih menggunakan Prefabricated Vertival Drain (PVD) dan preloading sehingga didapatkan kondisi tanah yang cukup baik sebelum pelaksanaan konstruksi. Dalam pelaksanaan perbaikan tanah perlu dilakukan kontrol terhadap parameter-parameter data yang dimabil sehingga dapat diketahui bahwa metoda perbaikan yang dipilih bekerja dan memberikan hasil yang baik untuk perbaikan tanah. Kata Kunci: inclinometer, konsolidasi, likuifaksi, piezometer, preloading, prefabricated vertival drain, settlement, settlemen plate.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:17
Last Modified: 08 Jul 2022 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107241

Actions (login required)

View Item View Item