Perjanjian Konstruksi antara PT Graha Bangun Persada dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam Hal Normalisasi Sungai Batang Nareh Kabupaten Padang Pariaman

., Mardelliani (2022) Perjanjian Konstruksi antara PT Graha Bangun Persada dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dalam Hal Normalisasi Sungai Batang Nareh Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover&abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (bab IV)
BAB IV Penutup.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi Mardelliani 1810111006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pekerjaan konstruksi yang dilakukan oleh penyedia jasa dan pengguna jasa konstruksi perlu adanya perjanjian konstruksi yang mengikat, perjanjian yang dibuat tentunya tidak selalu terlaksana sebagaimana yang telah diperjanjikan, seperti pada pekerjaan normalisasi Sungai Batang Nareh Kabupaten Padang Pariaman yang dilaksanakan oleh penyedia jasa konstruksi yaitu PT Graha Bangun Persada dan pengguna jasa konstruksi yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Barat, yang mana telah menyepakati perjanjian dengan nilai kontrak sebesar Rp 2.319.435.000 yang pekerjaan dilakukan selama 150 hari kalender. Rumusan masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimana pelaksanaan perjanjian konstruksi antara penyedia jasa konstruksi dan pengguna jasa konstruksi, apa saja permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan perjanjian konstruksi antara penyedia jasa konstruksi dengan pengguna jasa konstruksi serta bagaimana penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan perjanjian konstruksi antara penyedia jasa konstruksi dan pengguna jasa konstruksi. Penelitian yang digunakan yaitu yuridis empiris yang mana penelitian ini untuk mendapatkan data diperoleh dengan penelitian langsung ke lapangan dengan melakukan wawancara dengan responden yaitu Direktur Utama dari PT Graha Bangun Persada. Penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pelaksanaan perjanjian konstruksi antara PT Graha Bangun Persada dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang telah dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Permasalahan yang dihadapi PT Graha Bangun Persada sebagai penyedia jasa konstruksi dalam menyelesaikan pekerjaan normalisasi Sungai Batang Nareh diawali dengan terjadinya banjir disekitar sungai sehingga pekerjaan yang telah selesai rusak, hal ini menyebabkan PT Graha Bangun Persada tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai dengan apa yang diperjanjikan, meskipun PT Graha Bangun Persada telah mengajukan addendum untuk menambah waktu pekerjaan. Oleh karena itu PT Graha Bangun Persada harus membayar denda sebesar Rp 23.194.359 kepada pengguna jasa atas keterlambatan selama 10 hari dan menyelesaikan seluruh pekerjaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Hasbi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Konstruksi, Penyedia Jasa dan Penataan Ruang
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:25
Last Modified: 08 Jul 2022 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107215

Actions (login required)

View Item View Item