PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK BIO-ORGANIK DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.)

Tasya, Ul Haq (2022) PENGARUH BEBERAPA DOSIS PUPUK BIO-ORGANIK DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover + abstrak)
Abstrak ( Cover dan abstrak ).pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (Skripsi Utuh)
Skripsi Tasya Ul Haq (1610212008)-FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh beberapa dosis pupuk bio-organik dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai ini telah dilaksanakan di kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, pada bulan Juni- September 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara beberapa dosis pupuk bio-organik dan jarak tanam, untuk mendapatkan dosis pupuk bio-organik terbaik dan mendapatkan jarak tanam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (Glycine max L.). Metode penelitian berbentuk percobaan lapangan dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk bio-organik yang terdiri dari 4 taraf, yaitu 1 ton/ha, 2 ton/ha, 3 ton/ha dan 4 ton/ha. Faktor kedua adalah perbedaan jarak tanam yang terdiri dari 3 taraf, yaitu 40 cm x 20 cm, 40 cm x 30 cm, 40 cm x 40 cm. Data dianalisis dengan uji F dan apabila F hitung berbeda nyata dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil percobaan menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pemberian beberapa dosis pupuk bio-organik dengan jarak tanam. Pemberian dosis pupuk bio-organik 2 ton/ha menunjukkan jumlah cabang, jumlah polong per tanaman, jumlah polong bernas, hasil biji per petak dan hasil biji per hektar terbaik, sedangkan dosis pupuk bio-organik 3 ton/ha menunjukkan bobot 100 biji yang terbaik. Pada jarak tanam 40 cm x 40 cm menunjukkan hasil polong bernas terbaik yaitu 50 buah. Namun jarak tanam 40 cm x 20 cm memberikan hasil biji per petak yaitu 374,39 g/petak dan hasil biji per hektar tertinggi pada tanaman kedelai yaitu 1,95 ton/ha. Kata Kunci : Kedelai, Pupuk Bio-Organik, Jarak Tanam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Jul 2022 09:17
Last Modified: 06 Jul 2022 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107109

Actions (login required)

View Item View Item