ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN TANJUNG SABA PITAMEH NAN XX KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG

HANDI, OCTASAPUTRA (2014) ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KELURAHAN TANJUNG SABA PITAMEH NAN XX KECAMATAN LUBUK BEGALUNG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201411071133th_skrisi20lengkap20pdf.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melihat sejauh mana partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di wilayah Kota Padang, dengan melakukan penelitian di Kelurahan Tanjung Saba Pitameh Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung. Di Kelurahan Tanjung Saba Pitameh Nan XX kinerja aparat pemerintahan dalam informasi dan sosialisasi perencanaan pembangunan kepada masyarakat tergolong baik. Beberapa komponen kelurahan seperti RT/RW, berbagai organisasi masyarakat, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai pelaksana Musrenbang aktif turun ke masyarakat mensosialisasikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Namun tingkat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan masih rendah. Rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dikarenakan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga kinerja pemerintah kelurahan tidak selaras dengan tingkat partisipasi masyarakatnya.(Asrinaldi dan Valentina, 2007) Dengan kinerja pemerintah kelurahan yang baik dalam proses arus informasi kepada masyarakat. Dalam pendekatan perencanaan dan pembangunan partisipatif perlu diketahui tingkat partisipasi masyarakatnya. Tingkat partisipasi masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk itu diperlukan penelitian untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 17 Jun 2016 02:22
Last Modified: 17 Jun 2016 02:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item