Mekanisme Penukaran Uang Rupiah Ke Pecahan Lainnya Dalam Rangka Menyambut Lebaran Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII

SITI, RIMA MENTARI (2014) Mekanisme Penukaran Uang Rupiah Ke Pecahan Lainnya Dalam Rangka Menyambut Lebaran Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
201410282229th_tugas akhir siti rima mentari 1100522027.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tingginya minat masyarakat akan uang pecahan kecil membuat sejumlah orang yang ingin mengais sejumput keuntungan. Pada beberapa titik keramaian seperti di daerah terminal, stasiun, maupun jalan-jalan besar lumrah dijumpai para penjaja uang receh yang melayani jasa penukaran uang. Para pelayan jasa tukar uang itu biasanya mengutip rata-rata Rp10.000 sebagai imbal jasa dari penukaran uang kertas dengan nominal Rp100.000 ribu. Penukaran uang semacam itu sesungguhnya telah sejak lama dipraktikkan oleh para kondektur angkutan umum yang biasa menukarkan uang kertas dengan nominal Rp10.000 untuk mendapatkan uang logam receh sebanyak Rp9.000 Kutipan uang sebesar Rp1.000 tersebut sudah sangat dimafhumi oleh para kondektur. Oleh sebab itu, Berdasarkan uraian diatas analisa penulis tertuju pada antusiasme masyarakat ke Bank dalam melakukan transaksi penukaran uang yang dilakukan pada bank indonesia, sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas transaksi ini guna mengurangi kecurangan atau penjualan uang di tengah masyarakat.Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengangkat judul tugas akhir ini tentang MEKANISME PENUKARAN UANG RUPIAH KE PECAHAN LAINNYA DALAM RANGKA MENYAMBUT LEBARAN PADA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA WILAYAH VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:22
Last Modified: 13 Jun 2016 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item