Hubungan Efikasi Diri dengan Manajemen Diri Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Era Pandemi COVID-19 di Puskesmas Andalas Padang

Mairesta, Olga (2022) Hubungan Efikasi Diri dengan Manajemen Diri Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Era Pandemi COVID-19 di Puskesmas Andalas Padang. Diploma thesis, Ilmu Keperawatan.

[img] Text (Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text (BAB VII Kesimpulan)
BAB VII Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (DAftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (Fulltext)
fulltext Olga Mairesta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tingginya angka kematian akibat COVID-19 disebabkan karena penyakit komorbid seperti diabetes melitus (DM) yang sejalan dengan manajemen diri penderita DM tipe 2 yang rendah seperti manajemen diet, aktivitas fisik, monitoring gula darah, manajemen obat, perawatan kaki dan status merokok.. Manajemen diri tidak terlepas dari efikasi diri penderita DM tipe 2 di era pandemi COVID-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan manajemen diri penderita DM tipe 2 di era pandemi COVID-19. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan di Puskesmas Andalas Padang pada 22 Februari-31 Maret 2022. Sampel berjumlah 178 penderita DM tipe 2 yang dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur penelitian menggunakan kuesioner Diabetes Management Self Efficacy Scale (DMSES) dan kuesioner Summary of Diabetes Self Care Activities (SDSCA)-Revised. Analisis data menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian diperoleh adanya hubungan yang bermakna antara efikasi diri dengan manajemen diri penderita DM tipe 2 di Era Pandemi COVID-19 (p=0,000), arah hubungan positif dan kekuatan hubungan sangat kuat (r=0,995). Diharapkan pada pelayanan kesehatan agar dapat mengembangkan metode penyuluhan dan konseling berkala yang komprehensif untuk meningkatkan efikasi diri dan manajemen diri penderita DM tipe 2 di era pandemi COVID-19 khususnya perawatan kaki dan kontrol gula darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:55
Last Modified: 06 Jul 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/107062

Actions (login required)

View Item View Item