Partisipasi Peternak dalam Pengelolaan Usaha Sapi Potong di Kota Sawahlunto (Studi Kasus: Pada Kelompok Tani Ternak Sapi Potong Aja Grup Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar)

Fajrul, Refdi (2022) Partisipasi Peternak dalam Pengelolaan Usaha Sapi Potong di Kota Sawahlunto (Studi Kasus: Pada Kelompok Tani Ternak Sapi Potong Aja Grup Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.docx.pdf - Published Version

Download (400kB)
[img] Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, tingkat partisipasi, dan hubungan antara karakteristik dengan partisipasi dalam pengelolaan usaha sapi potong pada kelompok ternak sapi Aja Grup di dusun Batu Tajam, Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan dari bulan September 2021 sampai Januari 2022. Penelitian ini menggunakan Metode Studi kasus dengan jenis pendekatan deskriptif. Pelaksanaan dari penelitian studi kasus ini observasi ke lokasi penelitian serta wawancara langsung kepada anggota kelompok ternak dengan menggunakan daftar pernyataan yang telah disediakan. Responden penelitian pada anggota kelompok ternak sapi ini berjumlah 15 orang. Teknik yang dilakukan menggunakan teknik sensus. Analisa data secara deskriptif dan analitik menggunakan uji rank spearmen menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan umur terbanyak berkisar antara 41-50 tahun sebanyak 9 orang (60,0%), jenis kelamin peternak terbanyak laki-laki berjumlah 14 orang (93,3%), pendidikan peternak terbanyak tamatan SLTA berjumlah 12 orang (80,0%), pengalaman beternak terbanyak 1-3 tahun berjumlah 8 orang (53,3%), tanggungan keluarga terbanyak 3-5 orang berjumlah 12 orang (80,0%). Partisipasi pada tahap perencanaan seluruh anggota memiliki keaktifan yang aktif dengan rata-rata skor (2,58), tahap pelaksanaan tingkat partisipasi aktif dengan rata-rata skor (2,66), dan tahap evaluasi memiliki tingkat partisipasi sangat aktif dengan rata-rata skor (2,73) dan Terdapat hubungan karakteristik jenis kelamin pada tahap pelaksanaan dan evaluasi kecuali pada tahap perencanaan dan tidak ada hubungan karakteristik umur, tingkat pendidikan, pengalaman berternak dan tanggungan keluarga pada ketiga tahap tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kata Kunci : Partisipasi, Karakteristik, Peternak, Kelompok Tani

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Amrizal Anas, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:54
Last Modified: 05 Jul 2022 07:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106958

Actions (login required)

View Item View Item