PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI Azolla microphylla DENGAN Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN SERAT KASAR, KECERNAAN SERAT KASAR DAN ENERGI METABOLISME

RISKY, INDRA SAPUTRA (2022) PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI Azolla microphylla DENGAN Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP KANDUNGAN SERAT KASAR, KECERNAAN SERAT KASAR DAN ENERGI METABOLISME. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (penutup)
bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI RISKY INDRA SAPUTRA (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi Azolla mycrophilla yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens terhadap kandungan serat kasar, kecernaan serat kasar dan energi metabolisme. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3x3 dengan 3 ulangan. Faktor A yaitu dosis inokulum terdiri dari A1=2%, A2=4% dan A3=6%, kemudian faktor B yaitu lama fermentasi terdiri dari B1=2 hari, B2=4 hari dan B3=6 hari. Parameter yang diukur adalah serat kasar, kecernaan serat kasar dan energi metabolisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara dosis inokulum dan lama fermentasi Azolla microphylla dengan Bacillus amylolliquefaciens terhadap kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar. Faktor dosis inokulum menunjukan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan serat kasar dan kecernaan serat kasar, sedangkan lama fermentasi menunjukkan pengaruh berbeda nyata (P<0,05) terhadap kandungan serat kasar serta terjadi peningkatan energi metabolisme pada Azolla microphylla fermentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan dosis inokulum Bacillus amylolliquefaciens sampai 6% dan lama fermentasi sampai 6 hari pada Azolla microphylla fermentasi dapat menghasilkan kandungan serat kasar 13,47%, meningkatkan kecernaan serat kasar 54,65% dan menghasilkan energi metabolisme 1798,03 Kkal/kg. Kata Kunci: Azolla mycrophilla, Bacillus amylolliquefaciens, serat kasar, kecernaan serat kasar, energi metabolisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:34
Last Modified: 07 Jul 2022 03:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106911

Actions (login required)

View Item View Item