EFEK AMLODIPIN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI DENGAN KOMPLIKASI DISFUNGSI HATI DAN DISFUNGSI GINJAL

Ayu, trianingsih (2022) EFEK AMLODIPIN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH TIKUS PUTIH JANTAN HIPERTENSI DENGAN KOMPLIKASI DISFUNGSI HATI DAN DISFUNGSI GINJAL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (bab i pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (130kB)
[img] Text (bab v kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN .pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (tesis utuh)
tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Studi tentang efek amlodipin terhadap penurunan tekanan darah pada tikus putih jantan hipertensi dengan komplikasi disfungsi hati dan disfungsi ginjal telah dilakukan. Amlodipin dengan dosis 0,5 mg/kgBB, 1 mg/kgBB, dan 2 mg/kgBB diberikan pada tikus putih jantan dengan waktu pengukuran tekanan darah sistol dan diastol pada jam-1, jam-2 dan jam-3. Tikus diinduksi dengan NaCl 8% selama 14 hari untuk meningkatkan tekanan darah, diinduksi dengan Karbon Tetraklorida (CCl4) selama 5 hari untuk meningkatkan kadar Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT) dan diinduksi dengan gentamisin selama 7 hari untuk meningkatkan kadar kreatinin. Kemudian tekanan darah diukur menggunakan alat CODA, kadar SGPT dan kreatinin diukur menggunakan Photometer 5010 V5+. Semua data disajikan sebagai rata-rata penurunan. Data dianalisis menggunakan Anova dua arah dilanjutkan dengan Duncan multiple T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komplikasi disfungsi hati dan komplikasi disfungsi ginjal berpengaruh secara nyata (P<0,05) terhadap penurunan tekanan darah sistol tikus putih jantan hipertensi dengan pemberian amlodipin dosis 0,5 mg/kgBB, 1 mg/kgBB, dan 2 mg/kgBB dan terhadap penurunan tekanan darah diastol dengan pemberian amlodipin dosis 0,5 mg/kgBB dan 1 mg/kgBB. Komplikasi disfungsi hati dan komplikasi disfungsi ginjal tidak berpengaruh secara nyata (P>0,05) terhadap penurunan tekanan darah diastol tikus putih jantan hipertensi dengan pemberian amlodipin dosis 2 mg/kgBB. Variasi waktu pengukuran tekanan darah berpengaruh secara nyata (P<0,05) terhadap penurunan tekanan darah tikus putih jantan hipertensi, hipertensi-disfungsi hati dan hipertensi-disfungsi ginjal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. apt. Almahdy A, M.Si
Uncontrolled Keywords: amlodipin, hipertensi, sistol, diastol, disfungsi hati, disfungsi ginjal
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:21
Last Modified: 04 Jul 2022 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106878

Actions (login required)

View Item View Item