PERANAN CUSTOMER SERVICE BANK RAKYAT INDONESIA DALAM MEMBERIKAN SERVICE EXELLENT KEPADA NASABAH (Studi : Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang)

TESSA, YULIZIA (2014) PERANAN CUSTOMER SERVICE BANK RAKYAT INDONESIA DALAM MEMBERIKAN SERVICE EXELLENT KEPADA NASABAH (Studi : Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201410281454th_bab i23.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Komunikasi interpersonal Customer Service kepada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang. Dalam memberikan pelayanan yang diberikan kepada Nasabah, Perusahaan diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan dan menjalin komunikasi yang baik dengan Nasabah. Customer service menjadi sangat penting karena menjadi garda depan perusahaan yang berhubungan lagsung dengan Nasabah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan memakai teori komunikasi interpersonal. Penelitian ini bersifat deskriptif mengingat Data yang dikumpulkan berupa penjelasan dari Nara sumber yang dijadikan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk memberikan suatu pelayanan kepada Nasabah seorang Customer Service harus (1) Melakukan investigasi terhadap keluhan masalah yang sesuai dengan standar penanganan keluhan. (2) Memahami kelancaran dan pemahaman arus informasi yang tepat guna bagi Nasabah, khususnya mengenai semua jenis produk dan jasa Bank. Dalam hal ini Customer Service menjawab pertanyaan Nasabah mengenai pelayanan jasa Perbankan serta menampung keluhan Nasabah tentang layanan jasa perbankan. (3) Menjamin kelancaran dan keramahtamahan pelayanan jasa Bank terhadap Nasabah baik kredit maupun tabungan. Customer Service menggunakan Bahasa Indonesia dengan kombinasi lisan dan tulisan dan bersifat Persuasif dan informatif. Sedangkan Pesan Nonverbal yang dominan digunakan adalah Pesan Fasial (ekspresi wajah), Pesan Gestural ( postur tubuh dan kontak mata), dan Pesan Artifaktual (penampilan fisik). Kata Kunci : Customer Service, Service Exellent, Kepuasan Nasabah, Bank BRI Cabang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:53
Last Modified: 13 Jun 2016 07:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item View Item