HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN PADA ORGANISASI DAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI UNIT RAWAT INAP RSUD SAWAHLUNTO

NETTY, HERAWATI (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN PADA ORGANISASI DAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI UNIT RAWAT INAP RSUD SAWAHLUNTO. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201410281444th_tesis netty herawati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)

Abstract

Survey yang dilakukan peneliti pada 28 Februari 2014 didapatkan rekapitulasi absensi perawat yang terlambat datang sebanyak 7,2%, perawat yang turn over tahun 2012 sebanyak 2% dan 2013 sebanyak 2,1%, pelaksanaan supervisi belum kontinue. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara komitmen pada organisasi dan supervisi kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di unit rawat inap RSUD Sawahlunto. Desain penelitian cross sectional. Data tentang variabel penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik angket dengan jumlah sampel 81 perawat pelaksana dengan teknik total populasi. Analisis data menggunakan Chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian didapatkan 51,9% perawat pelaksanan puas dalam bekerja, 55,6% perawat pelaksana mempunyai komitmen baik, 51,9% pelaksanaan supervisi baik dan didapatkan adanya hubungan antara komitmen pada organisasi dan supervisi kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di unit rawat inap RSUD Sawahlunto dengan (P value < 0,05). Dengan kesimpulan didapatkan supervisi kepala ruangan sebagai variabel yang dominan (OR = 28, 617). Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada pihak rumah sakit khususnya bidang keperawatan dalam upaya meningkatkan komitmen perawat seperti dalam hal visi, misi serta idiologi rumah sakit, membuat aturan baku tentang promosi dan pendidikan berkelanjutan bagi perawat dan membuat program peningkatan kompetensi supervisor. Kata kunci : Komitmen organisasi, Supervisi, Kepuasan kerja perawat Daftar pustaka : 68 (1994-2013)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:49
Last Modified: 13 Jun 2016 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item