Efikasi Herbisida Etil Pirazosulfuron 10% Terhadap Gulma Semanggi (Marsilea crenata) Pada Budidaya Padi Sawah (Oryza sativa L.)

Adib, Fikri Atamimi (2022) Efikasi Herbisida Etil Pirazosulfuron 10% Terhadap Gulma Semanggi (Marsilea crenata) Pada Budidaya Padi Sawah (Oryza sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK[1].pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB_1_(PENDAHULUAN)[1].pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (Bab Akhir Kesimpulan)
BAB_AKHIR_(KESIMPULAN)[1].pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
full_skripsi[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai efikasi herbisida etil pirazosulfuron 10% terhadap gulma Semanggi (Marsilea crenata) pada budidaya padi sawah (Oryza sativa L.). Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh dosis herbisida etil pirazosulfuron 10% yang terbaik untuk mengendalikan gulma Marsilea crenata pada budidaya padi sawah. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juli 2021 di lahan sawah Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat dengan ketinggian tempat ± 300 mdpl. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 7 taraf perlakuan yaitu tanpa perlakuan (0 g/ha herbisida etil pirazosulfuron 10%), herbisida etil pirazosulfuron 10% dosis (100, 150, 200, 250, 300 g/ha) dan penyiangan manual dengan 4 kali ulangan. Data di analisis secara stasistik dengan uji F pada taraf 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pemberian herbisida etil pirazosulfuron 10% dapat mengendalikan gulma Marsilea crenata dan tidak menimbulkan keracunan terhadap tanaman padi sawah. Herbisida etil pirazosulfuron 10% dengan dosis 100 g/ha merupakan dosis yang yang terbaik untuk mengendalikan gulma Marsilea crenata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: padi, herbisida, Marsilea crenata, etil pirazosulfuron 10%
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:55
Last Modified: 04 Jul 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106809

Actions (login required)

View Item View Item