POTENSI HERBAL ALAM (ROSELLA, SIRIH MERAH, DAN LIDAH BUAYA) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK

Ricky, Chandra Harahap (2022) POTENSI HERBAL ALAM (ROSELLA, SIRIH MERAH, DAN LIDAH BUAYA) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS PADA BASIS GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Ricky C Harahap S.KG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Candida albicans merupakan salah satu spesies jamur yang banyak menyebabkan terjadinya penyakit denture stomatitis pada pasien pengguna gigi tiruan lepasan resin akrilik. Pencegahan penyakit denture stomatitis dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan gigi tiruan lepasan dengan menggunakan bahan pembersih gigi tiruan. Penggunaan bahan kimia seperti alkaline peroxide, chlorhexidine, dan sodium hipoklorit dinilai memiliki sejumlah kekurangan berupa efek samping jika digunakan secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pemanfaatan tanaman herbal seperti rosella, sirih merah, dan lidah buaya menjadi pilihan alternatif yang dipercayai memiliki sifat antifungal. Tujuan penulisan literature review ini adalah untuk mengetahui potensi herbal alam (rosella, sirih merah, dan lidah buaya) dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans pada gigi basis gigi tiruan lepasan resin akrilik. Metode literature review yang dilakukan melalui database elektronik Google scholar, PubMed, dan ScienceDirect. Terdapat total 22 literatur yang ditinjau. Berdasarkan literature review yang telah dilakukan, didapatkan bahwa herbal alam memiliki senyawa fitokimia yang bersifat sebagai antifungal dalam menghambat pertumbuhan jamur. Kesimpulan dari literature review ini adalah herbal alam seperti rosella, sirih merah, dan lidah buaya memiliki potensi yang cukup baik sebagai bahan pembersih gigi tiruan lepasan resin akrilik dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Eni Rahmi, Sp.Pros drg. Wulandani Liza Putri, Sp.Ort
Uncontrolled Keywords: antifungal, Candida albicans, herbal alam, lidah buaya, rosella, sirih merah.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:26
Last Modified: 04 Jul 2022 01:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106780

Actions (login required)

View Item View Item