Fitriani, Pulungan (2022) Analisis Kepuasan Konsumen dalan Transaksi Online Menggunakan Pendekatan Quality Gap (Studi Kasus: Konsumen Produk Fesyen di Indonesia). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (87kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
Text (BAB V KESIMPULAN)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (68kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
1710931021_Fitriani_Analisis Kepuasan Konsumen dalam Transakssi Online.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berkembangnya marketplace di Indonesia menyebabkan peralihan metode transaksi tradisional menjadi transaksi online. Marketplace merupakan situs web yang memungkinkan beberapa retail online memasarkan produknya secara online. Databoks (2018) mencatat pembeli digital di Indonesia diproyeksikan akan meningkat sebesar 43,9 juta pada tahun 2022. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam transaksi online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dalam transaksi online, mengetahui perbandingan kepuasan konsumen diantara marketplace di Indonesia, dan mengusulkan perbaikan kepada marketplace dalam upaya peningkatan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah quality gap untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dalam transaksi online, metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan tingkat kepentingan indikator variabel kepuasan konsumen, metode Potential Gain in Customer Value (PGCV) untuk menentukan urutan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan marketplace, dan uji non parametrik untuk melihat perbedaan kepuasan konsumen diantara marketplace Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Variabel yang digunakan untuk menganalisis kepuasan konsumen diadopsi dari Vasic et al. (2019) yaitu keamanan, ketersediaan informasi, pengiriman, kualitas, harga, waktu dan kepuasan konsumen. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan teknik purposive sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner online. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen dalam transaksi online masih rendah yang ditandai dengan hasil quality gap yang bernilai negatif. Kepuasan konsumen untuk setidaknya salah satu marketplace berbeda dari yang lainnya untuk indikator-indikator yang dibandingkan. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, marketplace di Indonesia sebaiknya meningkatkan kualitas dan keamanan situs web nya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Eri Wirdianto, M.Sc |
Uncontrolled Keywords: | marketplace, kepuasan konsumen, fesyen, quality gap, IPA, PGCV |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | S1 Teknik Industri |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 04:30 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 04:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106716 |
Actions (login required)
View Item |