INVENTARISASI TUMBUHAN YANG BERPOTENSI PENGHASIL MINYAK ATSIRI DARI FAMILI LAMIACEAE DI SUMATERA BARAT BERBASIS SPESIMEN HERBARIUM

Ratih, Wulandari (2022) INVENTARISASI TUMBUHAN YANG BERPOTENSI PENGHASIL MINYAK ATSIRI DARI FAMILI LAMIACEAE DI SUMATERA BARAT BERBASIS SPESIMEN HERBARIUM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengenai Inventarisasi Tumbuhan yang Berpotensi Penghasil Minyak Atsiri dari Famili Lamiaceae di Sumatera Barat Berbasis Spesimen Herbarium telah dilaksanakan pada Oktober 2021 hingga Februari 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dari famili Lamiaceae yang tedapat di Sumatera Barat dan yang berpotensi sebagai penghasil minyak atsiri di Sumatera Barat serta distribusi jenis-jenis Lamiaceae yang terdapat di Sumatera Barat dengan berbasiskan spesimen Herbarium. Metode yang digunakan adalah metode herbarium, observasi dengan pengamatan yang dilakukan pada semua spesimen Lamiaceae di Herbarium ANDA dan metode referensi base untuk mengetahui potensi dari masing-masing jenis yang telah diinventarisasi. Dari penelitian didapatkan sebanyak 45 spesies dari 20 genus tumbuhan Lamiaceae di Herbarium ANDA. Pengelompokkan dari famili Lamiaceae dibagi menjadi 8 subfamili yaitu Ajugoideae, Callicarpoideae, Lamioideae, Nepetoideae, Peronematoideae, Scutellarioideae, Tectonoideae dan Viticoideae. Satu spesies merupakan jenis new record untuk wilayah Indonesia yaitu Gomphostemma hemsleyanum. Secara administratif jenis Lamiaceae paling banyak ditemukan di kota Padang paling sedikit di Kepulauan Mentawai berjumlah 3 spesies. Data potensi minyak atsiri dari spesies dalam famili Lamiaceae didominasi oleh jenis yang berpotensi sebagai penghasil minyak atsiri yaitu 23 spesies, diikuti oleh jenis yang belum dieksplorasi yaitu 11 spesies dan jenis yang sudah komersial 9 spesies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nurainas
Uncontrolled Keywords: Spesimen, referensi base, new record, komersial, tribus
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 01 Jul 2022 03:32
Last Modified: 01 Jul 2022 03:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106684

Actions (login required)

View Item View Item