Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Profesi Mengenai Peran Rekam Medis Gigi Sebagai Sarana Informasi Ante Mortem di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Andalas

Melinda, Marseli Kurnia (2022) Gambaran Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Profesi Mengenai Peran Rekam Medis Gigi Sebagai Sarana Informasi Ante Mortem di Rumah Sakit Gigi Dan Mulut Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Indonesia khususnya Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat rawan terhadap bencana yang tinggi dan sering kali berskala besar serta memakan banyak korban yang seringkali tidak diketahui identitasnya. Menurut Undang-Undang RI No.36 Pasal 118 tahun 2009 tentang kesehatan, menyatakan bahwa bahwasannya penting untuk melakukan identifikasi terhadap korban meninggal yang tidak dikenali. Dibutuhkan alat atau metode untuk melakukan proses identifikasi, salah satunya dengan mengumpulkan data ante mortem. Salah satu ante mortem yang dapat digunakan untuk proses identifikasi adalah rekam medis gigi. Rekam medis gigi merupakan suatu dokumen yang bersikan beberapa informasi penting, yaitu identitas seorang pasien serta odontogram yang berisikan catatan tentang informasi mengenai gigi seseorang yang dapat digunakan sebagai sarana identifikasi dengan menggunakan gigi geligi yang dapat dipercaya. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa program profesi dokter gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas terhadap peran rekam medis gigi sebagai sarana informasi ante mortem. Metode penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif observasional (non-eksperimental). Sampel penelitian dipilih 71 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengukuran tingkat pengetahuan dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diisikan secara langsung oleh responden. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 87.3% mahasiswa program profesi dokter gigi memiliki tingkat pengetahuan tinggi, 11.3% tingkat pengetahuan cukup tinggi, 1.4% tingkat pengetahuan rendah, dan sangat rendah tidak ada. Kesimpulan: Tingkat pengetahuan mengenai peran rekam medis gigi sebagai sarana informasi ante mortem pada mahasiswa program profesi dokter gigi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Andalas berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Murniwati, MPPM
Uncontrolled Keywords: Rekam Medis Gigi, Ante Mortem, Identifikasi, Mahasiswa Program Profesi.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:39
Last Modified: 30 Jun 2022 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106661

Actions (login required)

View Item View Item