PERSEPSI PETERNAK TENTANG PENERAPAN FUNGSI KELOMPOK TANI TERNAK (Studi Kasus di Koperasi Peternakan Sapi Perah Merapi Singgalang Kota Padang Panjang )

Redondo, Diego Thony (2022) PERSEPSI PETERNAK TENTANG PENERAPAN FUNGSI KELOMPOK TANI TERNAK (Studi Kasus di Koperasi Peternakan Sapi Perah Merapi Singgalang Kota Padang Panjang ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
COVER SKRIPSI DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Kesimpulan & Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (102kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi peternak dan penerapan fungsi kelompok tani ternak di KPSP Mersi ini sudah berjalan dengan baik mengacu peraturan Kementrian Pertanian No.67 Tahun 2016 dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini telah dilaksanakan di Koperasi Peternak Sapi Perah Mersi di Kota Padang Panjang dimulai dari bulan November - Desember 2021. Variabel penelitian yang dilihat adalah penerapan fungsi kelompok tani ternak diambil dari Peraturan Kementrian Pertanian no.67 tahun 2016 yaitu kelas belajar, wahana kerjasama dan unit produksi. Analisis yang digunakan adalah secara deskriptif kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah peternak yang tergabung di kelompok tani ternak KPSP Mersi yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dengan menggunakan pertanyaan terstruktur berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase dari penerapan fungsi kelompok tani sebagai kelas belajar sebesar 100%, wahana kerjasama sebesar 88,24%, dan unit produksi sebesar 82,3%. Hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan fungsi kelompok tani di KPSP “Merapi Singgalang” Kota Padang Panjang dapat dikategorikan telah terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Amrizal Anas, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Jun 2022 03:28
Last Modified: 30 Jun 2022 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106604

Actions (login required)

View Item View Item