Analisis Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Tahun 2016-2020)

Agel, Natama Kishenta (2022) Analisis Kinerja Keuangan Pendapatan Daerah (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten Agam Tahun 2016-2020). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak (3).pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui serta menganalisis kinerja keuangan pendapatan daerah Kabupaten Agam periode 2016-2020 dengan menggunakan beberapa rasio keuangan anggaran pendapatan. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder diperoleh dari rangkiang data milik BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan rasio analisis varians pendapatan, rasio pertumbuhan pendapatan, dan juga rasio keuangan yang terdiri dari rasio kemandirian, rasio ketergantungan, rasio derajat desentralisasi fiskal, dan rasio efektivitas sebagai metode analisis datanya. Kesimpulan yang di dapatkan dari hasil penelitian ini adalah kinerja keuangan pendapatan daerah Kabupaten Agam dinilai cukup baik. Namun untuk beberapa hal Pemerintah Kabupaten Agam dinilai masih kurang baik. Kemandirian Kabupaten Agam masih rendah dengan0rata-rata pada tahun 2016-2020 sebesar 9.63%, dikategorikan berpola instruktif dengan kecenderungan fluktuatif. Ketergantungan masih sangat tinggi dengan persentase sebesar 88.40%. Rasio derajat desentralisasi fiskal masih sangat kurang dengan persentase sebesar 8.51% yang menandakan tanggung jawab Pemerintah Daerah masih sangat rendah. Sedangkan untuk rasio efektivitas kinerja keuangan sebesar 97.33% dinilai efektif sehingga hal ini menandakan perencanaan pendapatan asli daerah yang akan direalisasikan Pemerintah Kabupaten Agam sudah dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: lswardi, SE, MM, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan Daerah, Pendapatan Daerah dan Rasio Keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:13
Last Modified: 30 Jun 2022 05:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106583

Actions (login required)

View Item View Item