PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM PADA INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN HASIL TERNAK DI SUMATERA BARAT

Dewi, Sartika (2022) PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP KINERJA UMKM PADA INDUSTRI PENGOLAHAN MAKANAN HASIL TERNAK DI SUMATERA BARAT. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover and abstrack)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (I. PENDAHULUAN)
I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (V.KESIMPULAN)
V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (FULL TESIS)
full tesis (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumatera Barat memiliki berbagai macam makanan khas yang dapat dijadikan peluang usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Literasi keuangan memiliki hubungan yang erat terhadap inklusi keuangan. Literasi dan inklusi keuangan dapat membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan kesejahteraan usahanya. Peningkatan pendapatan dan kesejahteraan usaha merupakan indikator keberhasilan kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi dan inklusi keuangan UMKM pada industri pengolahan makanan hasil ternak di Sumatera Barat (1) menganalisis pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM pada industry pengolahan makanan hasil ternak di Sumatera barat (2) menganalisis pengaruh inklusi keuangan terhadap kinerja UMKM pada industri pengolahan makan hasil ternak di Sumatera Barat (3). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM PLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) tingkat literasi dan inklusi keuangan umkm pada industry pengolahan makanan hasil ternak di Sumatera Barat berada pada skala sedang dengan total skor literasi sebesar 181 dan total skor inklusi 178 (2) Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan secara signifikan pada kinerja UMKM apabila pelaku usaha terus meningkatkan literasi keuangan. (3) Inklusi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini dapat diartikan apabila inklusi keuangan terus ditingkatkan maka kinerja usaha akan meningkat juga.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Dwi Yuzaria SE, M,Si
Uncontrolled Keywords: Literasi,Inklusi Keuangan,Kinerja UMKM,Sumatera Barat.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:43
Last Modified: 29 Jun 2022 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106565

Actions (login required)

View Item View Item