Optimasi Mesin Panas Lenoir Kuantum dengan Fermion Non-Interaksi dalam Sumur Potensial

Ade, Fahriza (2022) Optimasi Mesin Panas Lenoir Kuantum dengan Fermion Non-Interaksi dalam Sumur Potensial. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab V (Kesimpulan & Saran))
3. BAB V (Kesimpulan & Saran).pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tinjauan model mesin panas Lenoir dalam kajian dinamika kuantum dengan memanfaatkan partikel Fermion non-interaksi sebagai bahan bakar diharapkan mampu menciptakan mesin panas Lenoir yang lebih baik daripada model klasiknya. Pada pemodelan mesin ini, telah diturunkan formulasi secara analitik dengan mempertimbangkan kebocoran panas sebagai parameter fisis dan perhitungan properti optimasi mesin telah diperoleh. Visualisasi model ke dalam bentuk kurva memberi gambaran kemampuan dari model mesin panas Lenoir kuantum. Diperoleh bahwa efisiensi model mesin dengan kebocoran panas masing-masing memiliki titik puncak sebelum nilainya turun seiring kenaikan rasio volume dan nilainya tidaklah lebih besar daripada model mesin tanpa kebocoran panas. Daya maksimum pada model mesin ini bernilai 0,2641 pada rasio volume 0,1646. Kurva hubungan daya dan efisiensi menunjukkan bahwa titik daya maksimum dan efisiensi maksimum tidak pada satu titik yang sama dan model mesin dengan kebocoran panas memiliki efisiensi serta daya nol pada rasio volume yang tinggi. Selain itu, diperoleh titik-titik reversible pada tinjauan relasi Clausius sebelum akhirnya melanggar nilai relasi Clausius dengan nilai berbeda-beda tergantung tingkat kebocoran panas pada model mesin. Hal ini dikarenakan kebocoran panas merubah kesetimbangan dalam model mesin. Pada kasus khusus 2 partikel dengan 3 tingkat energi, diperoleh efisiensi maksimum 0,2966 yang cukup rendah namun memiliki daya yang cukup tinggi sebesar 0,2434 serta titik reversible terjadi pada tingkat kebocoran 0,1887.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trengginas Eka Putra Sutantyo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: mesin panas lenoir kuantum, partikel Fermion non-interaksi, properti optimasi, titik reversible, kebocoran panas.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 01 Jul 2022 07:55
Last Modified: 01 Jul 2022 07:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106405

Actions (login required)

View Item View Item