PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) TERHADAP PENDUDUK MUSLIM DALAM THE CITIZENSHIP AMANDEMENT ACT 2019 INDIA BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL

Alya, Faadhilah (2022) PELANGGARAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) TERHADAP PENDUDUK MUSLIM DALAM THE CITIZENSHIP AMANDEMENT ACT 2019 INDIA BERDASARKAN HUKUM INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text (BAb IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skrisi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan. Hak asasi dapat dirumuskan sebagai hak yang melekat dengan kodrat kita sebagai manusia yang bila tidak ada hak tersebut, mustahil kita dapat hidup sebagai manusia. Pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintah India terhadap muslim di India. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah bagaimana pelanggaran HAM terhadap warga negara muslim berdasarkan The Citizenship Amandement Act 2019 dan bagaimana upaya penegakan pelanggaran HAM terhadap penduduk muslim menurut hukum internasional. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif menggunakan pendekatan penelitian inventarisasi hukum dan sinkronisasi hukum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan hasil analisis diketahui bahwa pelanggaran HAM terhadap muslim akibat dengan disahkannya The Citizenship of Amandement Act 2019 yang mencabut kewarganegaraan muslim apabila tidak dapat membuktikan kewarganegaraan dan mengecualikan penduduk muslim dalam memperoleh kewarganegaraan. India adalah negara yang masyarakatnya heterogen dan menganut paham sekuler sebagai konstitusi negaranya dalam hal ini India telah melanggar International Covenant on Civil and Political Rights dan kovenan internasional lainnya karena mendiskriminasi berdasarkan agama dan asal seseorang. Oleh karena itu upaya penegakan pelanggaran HAM terhadap muslim di India diselesaikan melalui Office of the High Commissioner for Human Rights dan juga International Criminal Court yang mempunyai wewenang langsung untuk menindaklanjuti pelanggaran HAM yang terjadi di India. Kata Kunci: Pelanggaran HAM, Penduduk, The Citizenship of Amandement Act 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:37
Last Modified: 29 Jun 2022 06:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106362

Actions (login required)

View Item View Item