PENGARUH GAMBIR TERPURIFIKASI (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP KOAGULASI DARAH TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR DIABETES MELITUS

Qur Rauf, Taufik (2022) PENGARUH GAMBIR TERPURIFIKASI (Uncaria gambir Roxb) TERHADAP KOAGULASI DARAH TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR DIABETES MELITUS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSIFULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (289kB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme kronis yang ditandai peningkatan kadar gula darah. Berbagai upaya dilakukan untuk pengobatan penyakit ini salah satunya melalui eksplorasi dan evaluasi berbagai tanaman yang dapat mengontrol kadar gula darah. Salah satu tanaman yang telah dilaporkan dapat menurunkan kadar gula darah adalah gambir (Uncaria gambir Roxb). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian gambir terpurifikasi terhadap koagulasi darah tikus putih jantan galur wistar diabetes melitus yang diinduksi aloksan (120 mg/kgBB). Gambir diberikan selama 14 hari dengan variasi dosis 2,5, 5, dan 10 mg/kgBB, kemudian diukur kadar gula darah, waktu pendarahan, indeks hematokrit dan kadar trombositnya sebelum dan pada hari ke-3, 7 dan 14 setelah pemberian obat. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dua arah dilanjutkan dengan uji Duncan (tingkat kebermaknaan diambil apabila p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hewan yang diberi gambir terpurifikasi memperlihatkan gula darah yang lebih rendah dan waktu pendarahan yang lebih lama secara nyata (p<0,05). Akan tetapi, tidak terdapat pengaruh gambir terpurifikasi pada hematokrit walaupun trombosit hewan yang diberi gambir terpurifikasi ini mengalami peningkatan. Penggunaan gambir terpurifikasi dalam jangka waktu yang lebih lama juga meningkatkan efek penurunan gula darah, perpanjangan waktu pendarahan dan peningkatan kadar trombosit, tapi tidak berdampak pada indeks hematokrit. Ini berarti bahwa gambir terpurifikasi memiliki aktivitas sebagai antikoagulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. apt. Armenia, MS. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Gambir terpurifikasi; Uncaria gambir Roxb.; Diabetes; Koagulasi Darah
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:48
Last Modified: 28 Jun 2022 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106339

Actions (login required)

View Item View Item