PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) PAMBANGKIK BATANG TARANDAM (PBT) DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM KEPADA MASYARAKAT LUBUAK KILANGAN

Excellence, Khintana (2022) PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) PAMBANGKIK BATANG TARANDAM (PBT) DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM KEPADA MASYARAKAT LUBUAK KILANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK (2).pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (BAB I - Pendahuluan)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV - Penutup)
BAB IV - PENUTUP.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Copy.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (SKRIPSI EXCELLENCE KHINTANA)
DRAFT SKRIPSI EXCELLENCE KHINTANA 1810112184 SUDAH KOMPRE.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Kota Padang terdapat beberapa LSM yang memiliki tujuan mengembangkan atau mendorong kemajuan masyarakat di suatu daerah dengan memberikan layanan bantuan hukum agar masyarakat miskin mampu mendapatkan keadilan dengan baik. Salah satu LSM yang bergerak untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat adalah LSM PBT yang khusus berdiri di daerah Lubuak Kilangan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bernama Pambangkik Batang Tarandam (PBT) hadir dan berperan penting dalam mewadahi dan membantu para masyarakat atau individu yang memerlukan pelayanan bantuan hukum terhadap berbagai persoalan yang terjadi. Beberapa contoh kasus yang dibantu penangananya oleh LSM PBT adalah mengenai masalah keperdataan yang menyangkut masyarakat dan berbagai ketimpangan yang terjadi di masyarakat khususnya bagi perempuan miskin dan kelompok marjinal. Adapun rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah : 1) Apa peran LSM PBT dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat Lubuak Kilangan? 2)Apa solusi yang diberikan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pambangkik Batang Tarandam (PBT) dalam menghadapi permasalahan yang terjadi? dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode yuridis empiris. Pengumpulan data dari penelitian ini diperoleh dari lapangan berupa wawancara dan untuk mendapatkan data sekunder, penulis menggunakan penelitian kepustakaan. Data tersebut diolah dan dilakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa:1) LSM PBT sangat berperan dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat Lubuak Kilangan terhadap berbagai kasus yang terjadi, yakni dengan melakukan pendampingan, memberikan arahan hukum dan melakukan advokasi 2) solusi yang diberikan oleh LSM PBT adalah dengan mengembangkan program Gender Watch dan Sekolah Perempuan agar setiap masyarakat mampu teredukasi, LSM PBT melakukan pengembangan Program Gender Watch yaitu program pengembangan partisipasi dan kepemimpinan perempuan miskin dalam perencanaan dan pemantauan program-program perlindungan sosial untuk meningkatkan keteraksesan, kesejahteraan dan pemenuhan hak-hak asasi perempuan termasuk di dalamnya memperoleh bantuan hukum. Kata kunci : Bantuan Hukum, Lembaga Swadaya Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Linda Elmis, S.H.,M.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:03
Last Modified: 30 Jun 2022 02:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106236

Actions (login required)

View Item View Item