Pengaruh Penambahan Bubuk Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Karakteristik Mi Basah Dari Tepung Terigu Substitusi MOCAF (Modified Cassava Flour)

Martha, Meissy (2022) Pengaruh Penambahan Bubuk Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Karakteristik Mi Basah Dari Tepung Terigu Substitusi MOCAF (Modified Cassava Flour). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB 1_Pendahuluan)
BAB 1_Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB 5_Penutup)
BAB 5_Penutup.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (Full Skripsi_Meissy Martha)
Skripsi Full_Meissy Martha.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pegagan merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat tetapi masih jarang ditemukan olahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh penambahan bubuk pegagan (Centella asiatica) terhadap karakteristik mi basah dari tepung terigu substitusi MOCAF. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan yaitu penambahan bubuk pegagan 0%, 2%, 4%, 6%, dan 8% dengan 3 kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistika dengan ANOVA (Analysis of Variance) dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan’s News Multiple Range Test) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bubuk pegagan terhadap karakteristik mi basah berbeda nyata terhadap kadar air, kadar abu, protein, lemak, karbohidrat, aktivitas antioksidan, serta organoleptic pada parameter warna dan aroma dan berbeda tidak nyata terhadap daya serap air dan organoleptic rasa dan tekstur. Produk terbaik berdasarkan uji organoleptik yaitu mi basah dengan penambahan bubuk pegagan 2%. Analisa kimia mi basah dari tepung terigu substitusi MOCAF dengan penambahan bubuk pegagan sebanyak 2% adalah oHue 179,50, daya serap air 105,40%, kadar air 33,15%, kadar abu 2,63%, protein 9,61%, lemak 3,90%, karbohidrat 50,71%, dan aktivitas antioksidan 17,96%. Serta penerimaan panelis terhadap warna 4,30 (suka), aroma 3,40 (biasa) , tekstur 3,90 (suka) , rasa 3,60 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rini, M.P.
Uncontrolled Keywords: mi basah, karakteristik, tepung terigu, MOCAF, pegagan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:13
Last Modified: 27 Jun 2022 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106197

Actions (login required)

View Item View Item