Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga Bercerai (Stu di Deskriptif Komunikasi Ayah dan Anak Remaja di Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kee. Pauh, Kota Padang)

Elsya, Safitri (2014) Komunikasi Interpersonal dalam Keluarga Bercerai (Stu di Deskriptif Komunikasi Ayah dan Anak Remaja di Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kee. Pauh, Kota Padang). Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img]
Preview
Text
201501210731st_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komunikasi Interpersonal merupakan hal yang penting dalam sebuah keluarga untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar sesama anggota keluarga. Termasuk dalam keluarga Bercerai yang terjadi karena cerai hidup. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bentuk komunikasi interpersonal yang dilakukan ayah dan anak remaja ini berbentuk komunikasi verbal dan non verbal di Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah interaksi simbolik. Teori ini digunakan untuk melihat komunikasi interpersonal yang terjadi antara ayah dan anak remaja dalam keluarga Bercerai yang dilihat dari pentingnya makna, pentingnya konsep diri serta hubungan antar individu masyarakat terhadap efektifitas komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara langsung dengan ayah dan anak remaja dari tiga keluarga bercerai di Gadut, observasi langsung di lapangan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpesonal antara ayah dan anak remaja pada keluarga bercerai menjadi lebih baik ketika orang tua sudah bercerai, anggota keluarga menjadi lebih terbuka, saling mendukung dan bersikap positif. Simbol verbal yang dominan digunakan Ayah dan anak remaja adalah bahasa Minang, sedangkan simbol non verbal yang dominan digunakan adalah pesan kinesik atau gerak tubuh (pesan fasial, gestural, postural), pesan paralinguistik dan pesan proksemik (jarak dan ruang). Dalam proses komunikasi Ayah menyadari bahwa sekarang tidak hanya berperan sebagai tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah namun juga sebagai Ibu yang memberikan kasih sayang terhadap anak-anaknya. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bercerai, Ayah dan Anak Remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:18
Last Modified: 13 Jun 2016 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10617

Actions (login required)

View Item View Item