Pengaruh Metode Roasting Terhadap Karakteristik Fisiko Kimia Dan Profil Asam Lemak Kopi Black Honey Arabika (Coffea Arabica)

Permatasari, Fitria Indah (2022) Pengaruh Metode Roasting Terhadap Karakteristik Fisiko Kimia Dan Profil Asam Lemak Kopi Black Honey Arabika (Coffea Arabica). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (389kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Bab V (Penutup))
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan metode roasting terhadap karakteristik fisiko kimia dan profil asam lemak kopi black honey arabika. Perlakuan pada penelitian ini yaitu metode roasting yang terdiri dari light roast, light to medium roast, medium roast, medium to dark roast dan dark roast. Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu analisis warna, kadar kafein, kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar karbohidrat, kadar lemak, analisis kandungan asam lemak dan cupping test. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu perbedaan metode roasting memberikan pengaruh nyata terhadap warna, kadar air, kadar abu, kadar karbohidrat, kadar lemak dan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar protein kopi black honey arabika. Hasil cupping test didapatkan perlakuan metode roasting terbaik yaitu medium roast dengan deskripsi atribut fragrance berbau brown sugar (karamel dan aroma minyak kelapa sawit), cokelat, citrus terpanggang, cassiavera tipis; atribut aroma berbau karamel intents, honey hutan, herbal tipis dan spices; atribut flavor yaitu fruity (lime), herbal tipis, manis; atribut acidity intensitas medium dengan acid yang kompleks. Untuk atribut body pada kopi yaitu medium dan tekstur halus dan aftertaste manis yang panjang. Asam lemak yang ditemukan pada perlakuan terbaik cupping test kopi black honey arabika yaitu asam miristat, asam palmitat dan asam elaidat. Kata kunci : roasting, black honey arabika, karakteristik, profil asam lemak

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rini, M.P
Uncontrolled Keywords: roasting, black honey arabika, karakteristik, profil asam lemak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 27 Jun 2022 05:09
Last Modified: 27 Jun 2022 05:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/106168

Actions (login required)

View Item View Item