ANALISIS PENENTUAN RIG CAPACITY UNTUK RIG SELECTION PADA PROYEK PEMBORAN SUMUR EXPLORASI FALAH-01 KKKS PT. NORTHERN YAMANO TECHNOLOGY OIL RESOURCES EAST PAMAI (PSC)

Risky, Perdana (2021) ANALISIS PENENTUAN RIG CAPACITY UNTUK RIG SELECTION PADA PROYEK PEMBORAN SUMUR EXPLORASI FALAH-01 KKKS PT. NORTHERN YAMANO TECHNOLOGY OIL RESOURCES EAST PAMAI (PSC). Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Risky.pdf - Published Version

Download (541kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Risky.pdf - Published Version

Download (930kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup Risky.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Rizky.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Blok East Pamai yang terletak di daerah Rumbai-Riau adalah suatu wilayah kerja yang diberikan oleh negara melalui SKK Migas kepada KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) PT. Northern Yamano Technology Oil Resources East Pamai (PT. NYT EP ). Pemboran sumur explorasi ini adalah bagian dari Rencana Kerja dan Komitmen Pasti antara PT. NYT EP dengan SKK Migas, selain itu sumur explorasi ini juga penting untuk membuktikan potensi hidrokarbon yang mungkin terkandung di blok tersebut. Rig adalah peralatan yang akan digunakan dan harus dipersiapkan dalam pekerjaan pemboran ini, oleh karena itu diperlukan perhitungan kapasitas rig secara tepat demi mendukung kesuksesan dan efisiensi biaya pemboran. Rencana proyek pemboran sumur explorasi yang dinamakan sumur Falah-01 akan dilakukan oleh PT. Northern Yamano Technology Oil Resources East Pamai (PT. NYT EP). Berdasarkan dengan hasil analisa teknis dan biaya tersebut, maka diharapkan operasi pemboran akan berlangsung dengan baik dan biaya yang akan ditimbulkan tidak akan melebihi AFE (Authority For Expenditure) yang telah disetujui oleh SKK Migas selaku regulator. Metode yang digunakan menghitung kapasitas HP Drawwork, kapasitas Mast dan kapasitas Substructure menggunakan data-data sumur yang akan di bor. Hasil yang didapat dari perhitungan masing- masing kapasitas tersebut adalah rig yang akan digunakan dalam proyek sesuai dengan profile sumur, memiliki safety factor yang baik dan akan diperoleh biaya yang efisien. Kata kunci: Horse Power, Perhitungan Kapasitas Rig, efisiensi biaya pemboran dan AFE (Authority For Expenditure)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:05
Last Modified: 28 Jun 2022 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105993

Actions (login required)

View Item View Item