PERANCANGAN FASILITAS TRANSPORT FINE COAL DENGAN TEKNOLOGI PNEUMATICS CONVEYOR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PABRIK INDARUNG V (STUDI KASUS DI PT SEMEN PADANG)

Mardian, Mardian (2021) PERANCANGAN FASILITAS TRANSPORT FINE COAL DENGAN TEKNOLOGI PNEUMATICS CONVEYOR UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PABRIK INDARUNG V (STUDI KASUS DI PT SEMEN PADANG). Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Mardian.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Mardian.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Mardian.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (Laporan)
Laporan Mardian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pabrik Indarung V mengalami penurunan kapasitas produksi klinker yang disebabkan oleh keterbatasan suplai bahan bakar fine coal. Keterbatasan suplai fine coal akibat dari penurunan kapasitas Coal Mill Indarung V dari 55 tph menjadi 37 tph sebagai akibat dari penggunaan batubara berkalori rendah dengan nilai kalor 5000 kcal/kg (adb) dengan kadar air 38-42% yang sebelumnya didisain dengan nilai kalor 5800 kcal/kg (adb) dengan kadar air 15%. Pabrik Indarung VI memiliki kelebihan kapasitas produksi fine coal di Coal Mill sebesar 30 tph. Kelebihan produksi fine coal dari Indarung VI dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan fine coal di Indarung V. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem transport fine coal yang tepat dari pabrik indarung VI ke Indarung V secara kontinus untuk dapat memenuhi kapasitas produksi Indarung V sesuai disainnya. Sistem transport fine coal yang dipilih berdasarkan pertimbangan teknis adalah sistem pneumatics conveyor dengan tipe dilute-phase conveying dengan memanfaatkan udara tekan rendah (low pressure) sebagai media transport. Agar sistem berjalan sesuai dengan target maka dilakukan tahapan perancangan yang dimulai dengan survei, konsep disain, pemilihan peralatan, plant lay out, lay out engineering, basic design, detail design, gambar teknis dan dokumen engineering cost estimate. Pertimbangan lain dalam perancangan adalah kemudahan operasional, kemudahan pemeliharaan, kehandalan, pemakaian energi, safety dan ketersediaan spare part. Perancangan yang dilakukan secara swakelola dengan target pemanfaatan kemampuan suplai dari lokal di Indonesia. Perancangan ini dapat menghemat biaya investasi yang mana jika pembelian ke manufaktur yang sudah berpengalaman adalah Rp 10.4 Milyar tetapi jika dikelola secara swakeloa dan memakai komponen lokal Indonesia maka investasinya menjadi Rp 4.5 Milyar. Diharapkan dengan adanya sistem sarana pengangkutan fine coal ini dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis untuk meningkatkan keunggulan bersaing PT Semen Padang. Kata Kunci: Pneumatics Conveyor Sistem, Dilute Phase, Fine Coal, Batu bara berkalori rendah, Pabrik Semen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Profesi Insinyur Pasca
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:29
Last Modified: 28 Jun 2022 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105982

Actions (login required)

View Item View Item