PENGARUH PERBEDAAN PERLAKUAN PEMBUNGKUSAN, PENUMPUKAN, DAN PENGGULUNGAN JERAMI PADI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK

DINA, SHALWITA (2022) PENGARUH PERBEDAAN PERLAKUAN PEMBUNGKUSAN, PENUMPUKAN, DAN PENGGULUNGAN JERAMI PADI TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Abstrak dan Cover)
ABSTRAK dan COVER.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (I. PENDAHULUAN)
I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (V. KESIMPULAN)
V. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI DINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari manfaat perlakuan penyimpanan berupa pembungkusan, penggulungan dan penumpukan jerami padi yang disimpan selama 90 hari terhadap kecernaan bahan kering (KCBK) dan kecernaan bahan organik (KCBO). Penelitian ini menggunakan jerami padi jenis anak daro yang baru siap dipanen di daerah Solok sebanyak 18 ton. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan pola faktorial 3x4x3. Dimana faktor A terdiri dari 3 perlakuan (pembungkusan, penggulungan dan penumpukan), faktor B terdiri dari 4 waktu pengamatan (0 hari, 30 hari, 60 hari, dan 90 hari) dan 3 ulangan. Parameter yang diamati yaitu kandungan bahan kering, bahan organik, kecernaan bahan kering dan kecernaan bahan organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan perlakuan dan lama penyimpanan memberikan interaksi pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kandungan bahan organik, dan memberikan interaksi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kecernaan. Persentase rataan kandungan bahan kering jerami padi berkisar 35,73 – 70,61% dan kandungan bahan organik berkisar 73,98 – 77,87%. Sementara itu, rataan kecernaan bahan kering berkisar antara 37,23 – 39,98% dan kecernaan bahan organik berkisar antara 37,44 – 40,20%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses penyimpanan terbaik untuk kecernaan diantara ketiga perlakuan yaitu pada proses pembungkusan dengan lama penyimpanan 60 hari (A3B60).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. H., Khalil, M. Sc
Uncontrolled Keywords: Jerami Padi, Kecernaan, Penumpukan, Penggulungan, Pembungkusan
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Jun 2022 11:02
Last Modified: 22 Jun 2022 11:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105929

Actions (login required)

View Item View Item