SERANGAN HAMA KUTU PUTIH (Mealybugs) (Hemiptera:Pseudococcidae) PADA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DI KOTA PADANG

Zulia, Agustin (2022) SERANGAN HAMA KUTU PUTIH (Mealybugs) (Hemiptera:Pseudococcidae) PADA TANAMAN UBI KAYU (Manihot esculenta Crantz) DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi Full Zulia Agustin.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu hama yang menyerang ubi kayu adalah hama kutu putih. Kutu putih memiliki beberapa spesies yang menyerang tanaman ubi kayu serta tingkat serangan yang berbeda. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat serangan hama kutu putih pada tanaman ubi kayu di Kota Padang. Penelitian telah dilakukan dari bulan Februari sampai Mei 2021 menggunakan metode survei yaitu mencari kecamatan di Kota Padang yang sesuai kriteria serta dengan menggunakan metode Purposive Sampling yaitu memiliki kriteria pengambilan petakan sampel adalah pertanaman ubi kayu dengan luas ± 0,5 hektar dengan umur tanam 4-6 bulan di empat kecamatan dengan lahan tanaman ubi kayu terluas di Kota Padang. Pada masing-masing kecamatan diambil tiga kelurahan yang memenuhi kriteria pengambilan sampel. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini terdapat tiga jenis kutu putih yaitu Paracoccus marginatus, Pseudococcus jackbeardsleyi dan Ferrisia virgata. Persentase tanaman terserang kutu putih di Kota Padang pada penelitian ini sebesar 83,75% sedangkan intesitas tanaman terserang kutu putih di Kota Padang pada penelitian ini sebesar 0,87%. Kata Kunci : Ubi kayu, kutu putih, hama baru, morfologi kutu putih, dan intesitas serangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:25
Last Modified: 22 Jun 2022 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105922

Actions (login required)

View Item View Item